Browse Instagram content with Pikram.com

Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika

Instagram photos and videos at Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika

Jika engkau rindu tataplah bulan esok malam. Jika ia lebih cerah dan lebih besar dari malam ini, jangan tanya kenapa, karena seperti itulah cintaku padamu, makin hari makin besar dan makin terang.
.
.
Paragraf diatas adalah contoh kalimat romantis yah sob, jika besok malam bulan lebih cerah dan tampak lebih besar itu bukan karena cinta tapi karena fenomena purnama perige atau fenomena posisi terdekat bulan dengan bumi.
Ok sob. 
#purnama #perige #supermoon #infobmkg
Pagi ini (Senin 18 Feb 2019), Kepala BMKG @dwikoritakarnawati bersama-sama dengan Menteri Sosial, Kepala BNPB, KSP, Jajaran Pemerintah dari Prov. Banten dan Kab. Pandeglang mendampingi Bapak Presiden RI @jokowi memimpin Apel Siaga Bencana di Alun-alun Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang.
.
.
Mereka melihat langsung persiapan “Kampung Siaga Bencana” dan “Edukasi Kebencanaan” di lingkungan sekolah yg diinisiasi oleh Taruna Siaga Bencana (TAGANA). Selain itu telah dilaksanakan juga kegiatan penghijauan, penanaman 2.230 bibit pohon di sepanjang pesisir pantai.
.
.
Sebanyak 7.000 org, terdiri dari para siswa TAGANA, tim kampung, TAGANA Prop Banten, stakeholder, serta warga Pandeglang turut berpartisipasi dalam acara ini.
.
.
Semoga masyarakat Banten bisa lebih siap menghadapi bencana alam, seperti gempa dan tsunami yg dpt terjadi sewaktu-waktu.

#infobmkg
#pemerintahbekerja
#kerjaberdampak
#kabinetbekerja
Update Info Gempa Mag: 4.0 SR, 18-Feb-2019 11:17:49 WITA, Lok: 3.06 LS-119.6 BT (6 Km Timur Kec. Pana, Kab. Mamasa, Sulawesi Barat), Kedlmn: 8 km dirasakan di Mamasa III - IV MMI ::BMKG
*GEMPABUMI TEKTONIK M=4.6 MENGGUNCANG WILAYAH KOLAKA, SULAWESI TENGGARA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI* .
.
• Hari Senin, 18 Februari 2019, pukul 06.40.40 WITA di sebelah barat daya Kabupaten Kolaka  diguncang gempabumi tektonik. .
.
•Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempabumi ini berkekuatan M=4,6.
.
.
•Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.17 LS dan 121,36 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 29.1 km arah barat daya Kolaka, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.
.
.
•Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kolaka di barat daya Kabupaten Kolaka. .
.
•Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Pomalaa, Kolaka – Kabupaten Kolaka, dalam skala intensitas II-III MMI.
.
.
•Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.
.
.
•Hingga pukul 07.09 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.
.
.
•Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (inatews.bmkg.go.id atau www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg
.
.
•Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
.
.
Kendari, 18 Februari 2019
Kepala Stasiun Geofisika Kendari

Rosa Amelia,S.Si
Bagai peran ibu tiri beserta tiga anak nya bawang merah 🤔😁✌🙏
Info Gempa Mag 4.8 SR, 16-Feb-19 18:01:53 WIB, Lok:2.32 LS-140.26 BT (di laut, 40 km BaratLaut KAB. JAYAPURA-PAPUA),Kedlmn: 6km, drskn di Sentani II MMI dan di Jayapura II-III MMI ::BMKG
Happy Wedding Debora and Victor 😘  ala @marlyn___monroe88
Wawancara bersama Bu Henny dari Majalah Sains (15/2) dalam rangka Hari Meteorologi Dunia, yang diperingati setiap tgl 23 Maret. 
Dalam wawancara ini saya menyampaikan tantangan-tantangan yang dihadapi BMKG, bagaimana memberikan informasi MKG dengan cepat, tepat, akurat, jangkauan luas dan mudah dipahami oleh publik.

Selain itu telah banyak juga capaian yang diraih BMKG baik nasional maupun dunia. Terkait program unggulan, lompatan inovasi dan teknologi serta kerjasama juga saya sampaikan dalam wawancara ini.

Untuk mengetahui lebih dalam, jangan lupa membaca langsung Majalah Sains terbitan Maret 2019.
Rapat koordinasi untuk membahas kegiatan Strengthening Climate and Weather Services Capacity Phase II, Kamis 14 Februari 2019.
Perang yang saat ini terjadi secara mendunia adalah perang data. Jika sebuah negara atau lembaga memiliki data yang kuat dan lengkap, maka pastilah akan memiliki 'power' yang luar biasa.

Namun data tersebut haruslah akurat dan terpercaya. Untuk mendapatkan data dengan tingkat akurasi tinggi, alat yang digunakan haruslah terkalibrasi dengan standar yang diakui.

Oleh karena itu, laboratorium kalibrasi BMKG terus berusaha melompatkan tingkat pelayanan pengkalibrasian peralatan, agar data yang dihasilkan dapat sesuai dengan standar yang dibutuhkan, baik secara nasional ataupun dunia. 
Dengan tingkat kalibrasi yang terpercaya maka BMKG sanggup menyatakan bahwa kami siap menghadapi peperangan dalam perebutan kepercayaan publik terkait informasi MKG yang tepat, cepat, akurat dan luas jangkauannya.

#PemerintahBekerja 
#KerjaBerdampak 
#infobmkg
Info Gempa Mag:5.2, 14-Feb-19 06:41:52 WIB,Lok: 7.07 LS - 105.75 BT (79 km BaratDaya LEBAK-BANTEN), Kedlmn: 21 Km, dirasakan di Malingping, Cijaku, Panggarangan, Bayah, Ciptagelar dan  Wanasalam III MMI ::BMKG #gempa #banten #infobmkg
*GEMPABUMI TEKTONIK M5,0 MENGGUNCANG KABUPATEN MALANG, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI*
.
.
•	Hari Kamis, 14 Februari 2019, pukul 02.58.45 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempabumi tektonik. Hasil pemutakhiran analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,35 LS dan 112,51 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 134 km arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 69 km.
.
.
•	Gempabumi selatan di Jawa-Bali-Nusa Tenggara ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi berkedalaman menengah ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar Obliqe Naik (Oblique Thurst Fault).
.
.
•	Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Kab. Malang dengan kekuatan III MMI; Selopuro, Wlingi dan Kota Blitar dengan kekuatan II-III MMI.. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami
.
.
•	Hingga pukul 03.25 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** .
.
•	Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (inatews.bmkg.go.id atau www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. *
.
.
Jakarta, 14 Februari 2019
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG
.
.
RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.
*GEMPABUMI TEKTONIK M 4,8 MENGGUNCANG WILAYAH KABUPATEN SARMI, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI* •	Hari Kamis, tanggal 14 Februari 2019, terjadi gempabumi tektonik di wilayah Kabupaten Sarmi. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 03:38:37 WIT dengan kekuatan M=4.8 SR. Pusat gempabumi terletak pada koordinat 1.93 LS – 138.52 BT, tepatnya di darat pada 26 Km Barat Daya Sarmi - PAPUA dengan kedalaman 22 Km. •	Dari laporan masyarakat, dampak gempabumi berupa guncangan yang dirasakan dalam skala I-II MMI di Sarmi. •	Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal yang terjadi pada Region Lanjur Anjak Mamberamo . Gempabumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami. •	Hingga pukul 04:00 WIT, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.* •	Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). Jayapura, 14 Februari 2019
Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura

Petrus Demon Sili, S.IP, M.Si
NIP 19630307 198503 1 002
Rapat Pembahasan Pemeliharaan dan Pengadaan Barang dan Jasa Th 2019, Rabu, 13 Februari 2019.

#bmkg
#infobmkg
#pemerintahbekerja
#kabinetbekerja
#kerjaberdampak
KERJASAMA BMKG DAN PBNU .
.
BMKG terus mengupayakan lompatan-lompatan inovasi dalam menyampaikan mitigasi bencana dan penyebaran informasi MKG dengan melibatkan kerjasama pentahelix yang sinergis dan kuat dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan komunitas dan tokoh masyarakat.

Oleh karena itu BMKG menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas masyarakat yang ada di Indonesia seperti dengan Perkumpulan Nahdlatul Ulama.

BMKG menyadari peran penting tokoh masyarakat seperti pemuka agama dalam membantu BMKG menyampaikan informasi terkait MKG. Menerjemahkan bahasa teknis BMKG menjadi bahasa lokal yang mudah dimengerti ummat. Selain itu, pemuka agama juga membantu memberikan tuntunan pada ummat dalam menangkal informasi yang menyesatkan (hoax). Jejaring Nahdlatul Ulama yang luas dan ada di seluruh Indonesia, merupakan faktor penting yang sangat efektif dalam penyebarluasan informasi yang bermanfaat bagi keselamatan publik serta produktifitas pembangunan.

Ayo bersama kita perkuat sinergi Pentahelix menuju masyarakat Indonesia yg siap menghadapi bencana.
#PemerintahBekerja 
#KerjaBerdampak 
#nahdlatululama
#PBNU
Rapat Koordinasi untuk finalisasi usulan pengembangan dan penguatan sistem monitoring gempabumi dan tsunami, Selasa 12 Feb 2019.

#bmkg
#infobmkg
#pemerintah bekerja
#kerjaberdampak
Info Gempa Mag:4.0, 11-Feb-19 22:13:58 WIB, Lok:8.15 LS, 107.88 BT (62 Km BaratDaya KAB-TASIKMALAYA-JABAR), Kedlmn:27 Km, dirasakan di pangandaran III MMI ::BMKG
#infobmkg 
#infogempa
#pangandaran
#tasikmalaya
HALO Mbak 😊
Info	Gempa Mag:4.1, 11-Feb-19 13:08:50 WIB, Lok: 7.27 LS,107.71 BT (17 km Tenggara KAB-BANDUNG-JABAR), Kedlmn: 10 Km, dirasakan di Bojongsoang dan Banjaran Kab.Bandung II MMI ::BMKG
#infobmkg
#infogempa
#bandung
Kegiatan Pimpinan BMKG, hari Jumat sore tgl 8 Feb 2018 diakhiri dengan Rapat koordinasi, guna membahas progres penyiapan Renstra BMKG 5 tahun ke depan, terutama fokus pada smart Organisasi dan SDM, untuk lompatan Kinerja tahun 2020 sd 2024, menuju BMKG World Class dengan spirit Socio Entrepreneur.

#infobmkg
#pemerintahbekerja
#kerjaberdampak
#kabinetbekerja
Naik teross pak eko, biar mitigasi dan edukasi kebencanaan makin joss. Semoga dengan naiknya anggaran, semakin tinggi juga pengetahuan masyarakat tentang mitigasi kebencanaan.
.
.
Anggaran kebencanaan naik, mimin seneng.Sewa gedung dan katering naik mimin sedih.
.
. 
#WaspadaBencana
#infobmkg
#Pemerintah Bekerja
@forummerdekabarat9
CURAH HUJAN TINGGI DIAKHIR PEKAN, TETAP WASPADA
. .
Hallo sobat BMKG, kembali mengingatkan potensi curah hujan tinggi di wilayah Indonesia akhir pekan ini, termasuk Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Penyebab utamanya adanya daerah pertemuan angin yg memanjang dari Jawa bagian barat hingga Nusa Tenggara.

BMKG kembali mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan SIAGA dalam menghadapi periode puncak musim hujan 2019. Khususnya akan dampak dari curah hujan tinggi yang akan memicu Bencana Hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, dan angin kencang yang meningkat pada akhir Januari 2019.
#infobmkg 
#konvergensi
Peningkatan bencana akhir-akhir ini, seperti gempa yg terjadi di Lombok serta tsunami di Palu dan Selat Sunda menunjukkan semakin kompleks dan dinamisnya fenomena alam, sehingga bisa menyebabkan anomali dan multi hazard yang menelan banyak korban jiwa. Dalam menyikapinya, perlu adanya penyesuaian, baik dari segi budaya masyarakat maupun upgrading sistem peringatan dini yang ada saat ini, agar dapat beradaptasi dengan perubahan fenomena alam dan multihazard yang terjadi.

Saat ini semua K/L mulai bersinergi untuk bersama-sama mengantisipasi dan memitigasi fenomena multihazard, kami saling bersinergi dalam hal integrasi data dan teknologi dengan berbagai K/L terkait seperti Kemenkomaritim, BPPT, BIG, Badan Geologi, BNPB, KKP, Pushidros AL dll.

Hal ini  disampaikan  @dwikoritakarnawati dalam Rakor Mitigasi Bencana yg diselenggarakan di Auditorium Gubernur Sumbar, pagi ini (Kamis, 24 Jan 2019), yg menghadirkan beberapa narasumber lainnya seperti Gubernur Sumbar, BNPB, Kemenkomaritim, serta beberapa pakar gempa & tsunami dari LIPI, ITB dan KKP. 
Beliau juga menyampaikan bahwa BMKG telah berperan aktif dalam mendukung pengurangan risiko bencana khususnya di wilayah Provinsi Sumbar. Saat ini sudah ada 5 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yg berperan di dalam menyampaikan informasi MKKuG.

Tahun 2019, BMKG bekerjasama dengan the Institute of Care-Life China akan uji coba teknologi Earthquake Early Warning System (EEWS) yang mampu memberikan peringatan dini gempabumi dengan memanfaatkan selisih waktu tiba gel P dan S. Dari rekaman gel P beberapa detik, dapat diperkirakan waktu tiba gel S (gelombang merusak) dan tingkat guncangannya. Rencananya 50 unit EEWS (Earthquake Early Warning System) akan ditempatkan di Prov Sumbar. Namun pembangunan EEWS ini perlu didukung oleh perubahan mindset dan kultur dari pemerintah daerah dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana. Perlu dilakukan upaya sosialisasi dan edukasi yg masif dalam membangun budaya waspada terhadap potensi bencana, agar bisa menjadi sebuah kebiasaan/kearifan lokal.

Semoga Prov. Sumatera Barat dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi gempa dan tsunami yang dapat terjadi sewaktu-waktu.
#infobmkg
GELOMBANG TINGGI 4-6 METER BEREPELUANG TERJADI DI..
.
.
Terdapat Pola tekanan rendah 1004 hPa di perairan timur Filipina, 1007 hPa di Laut Arafuru bagian barat dan Samudra Hindia Barat Daya Banten, Pola angin di utara Indonesia umumnya dari arah barat laut - timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 - 25 knot, sedangkan di selatan wilayah Indonesia umumnya dari arah barat daya - barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 - 30 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Enggano - Bengkulu, Laut Natuna Utara, Laut Jawa, Selat Makassar bagian selatan, dan Laut Flores. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah perairan tersebut.
.
.
Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran: .
• Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m). .
• Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di pesisir barat Sumatera, selatan Jawa, Bali, NTB, NTT, serta daerah lainnya khususnya yang tercantum dalam daftar Peringatan Dini di atas harap mempertimbangkan kondisi tersebut. .
• Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat seperti Laut Jawa agar tetap selalu waspada
#infobmkg
#gelombangtinggi
#bmkgmaritim
#siagabencana
Lanjut dikolom koementar 👇
SINERGITAS HINGGA KE DAERAH
.
.
Beranjak dari Palu, Kepala BMKG melanjutkan perjalanan ke Makasar  Jum'at 18 Januari 2019. kegiatan di Makassar antara lain melakukan pertemuan dengan Kepala BPBD Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Drs. H. Syamsibar SH dan jajaran, dengan tujuan penguatan koordinasi BMKG-BPBD yang selama ini telah terbangun dengan baik. Dalam pertemuan ini, BMKG menyampaikan penjelasan terkait trend kebencanaan gempabumi yang jumlah kejadiannya terus meningkat. Untuk menyikapinya perlu terus menggalakkan upaya kesiapsiagaan dan mitigasi melalui penyiapan perangkat peringatan dini tsunami dan simulasi bersama dengan melibatkan masyarakat di tingkat RT/RW. Perangkat peringatan dini yang sudah ada, perlu terus dijaga dan dipelihara sesuai dengan fungsinya. Dengan berbagai upaya mitigasi yang telah disiapkan sebagai bentuk sinergi antara BMKG dan BPBD Prov. Sulawesi Selatan maka diharapkan wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya dapat jauh lebih siap menghadapi potensi bencana.
.
.
Perjalanan dilanjutkan dengan melakukan peninjauan rencana pembangunan kantor Stasiun Meteorologi Maritim Paotere di Untia seluas 1 Ha. Selain itu dilakukan pula monitoring peralatan yang ada di Stasiun Meteorologi Maritim Paotere makassar. Sebagai lokasi yang langsung berbatasan dengan Selat Makassar, tentunya sangat banyak aktivitas yang dilakukan, baik sebagai upaya mitigasi seperti penanaman magrove atau pun kegiatan rutin masyarakat, seperti penataan kampung nelayan. Semoga pembangunan kantor Stasiun Meteorologi Maritim Paotere dapat terealisasi, sehingga layanan informasi pelayaran dan pelabuhan akan semakin optimal didiseminasikan kepada masyarakat.

#infobmkg
#kabinetbekerja
#pemerintahbekerja
#kerjaberdampak
#sinergitasanatrinstansi
BMKG BACK TO PALU .
.
• Rabu 16/01/2019, Dalam rangka penyiapan hunian tetap (huntap) bagi masyarakat yg terkena dampak bencana gempa & tsunami Palu, BMKG memberikan kontribusi melalui pengukuran mikrozonasi dengan metode Multichannel Surface Wave Analysis (MASW) dan Spatial Auto Correlation (SPAC) di wilayah Talise Tondo, Duyu, Balaroa, Petobo, Pombewe dan Jono Oge, guna menentukan profil klasifikasi tanah dan mengetahui karakteristik dinamik lapisan tanah permukaan, sehingga dapat diketahui kerentanan tanah di wilayah tersebut. Hasil pengukuran akan dijadikan acuan dalam pembangunan huntap, dengan memperhatikan klasifikasi jenis tanah dan ketebalan lapisan sedimen. Pagi ini, Rabu 16 Jan 2019, kami melakukan validasi terhadap hasil pengukuran microzonasi di beberapa wilayah.
.
.
• Rabu 16/01/2019 berdiskusi di Kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS 3) terkait penyamaan persepsi dan pandangan dalam mendukung Pemerintah Daerah, untuk menyusun langkah strategis pasca gempa tsunami Palu Donggala. Langkah strategis tersebut didukung oleh kontribusi K/L (BMKG, BNPB, PUPR, BPPT, dan KKP), dalam tupoksinya masing-masing. BMKG berkontribusi dalam menyusun peta zona rawan bencana dengan melakukan survey mikrozonasi rawan gempabumi dan kesiapan perangkat peringatan dini potensi tsunami.
.
.
• Kamis, 17/01/2019, Bertemu Gubernur Sulawesi Tengah. Dalam pertemuan dengan Gubernur Sulteng, BMKG bersama-sama dengan Kepala BNPB, Dirjen PUPR, Pakar Tsunami dari KKP, BPPT, serta SKPD terkait, membahas langkah-langkah Pasca Tsunami dan upaya mitigasi kedepan. BMKG memaparkan hasil survey BMKG terkait kondisi profil klasifikasi tanah dan karakteristik lapisan tanah permukaan di 6 titik survey, sebagai kandidat wilayah hunian tetap dan edukasi mitigasi masyarakat di 6 wilayah tersebut. Paparan-paparan yg BMKG sampaikan diharapkan dapat menjadi acuan dan masukan strategis bagi daerah, dalam penentuan langkah nyata & segera pasca gempa tsunami di Palu Donggala. Perjalanan dilanjutkan dengan dialog bersama stakeholder terkait dalam rantai peringatan dini tsunami, seperti Kepala BPBD Kota Palu, Dandim 1306/DGL dan Kapolres Kota Palu.
#infobmkg
#sultengbangkit
#PemerintahBekerja
*GEMPABUMI TEKTONIK M=3.6 MENGGUNCANG WILAYAH TOLALA KOLAKA UTARA, SULAWESI TENGGARA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI* .
.
• Hari Rabu, 16 Januari 2019, pukul 16:24:14 WITA di sebelah barat laut Kabupaten Kolaka Utara diguncang gempabumi tektonik. •Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempabumi ini berkekuatan M=3,6. .
.
•Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.98 LS dan 121,12 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 10 km arah selatan, Kec Tolala, Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.
.
.
•Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo. .
.
•Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah darat di sebelah selatan Kec Tolala, Kabupaten Kolaka Utara ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar dengan arah pergerakan mengiri (strike slip fault-sinistral). .
.
• Sebelumnya kejadian gempabumi ini, terjadi 2 gempabumi yang  terjadi pada pukul 06:30:08 WITA dengan M= 3.0 dan
10:39:25 WITA M=3.5 .
.
•Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Tolala – Kabupaten Kolaka Utara, dalam skala intensitas III MMI. .
.
•Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. .
.
•Hingga pukul 16.53 WITA, Hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. .
.
•Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kendari, 16 Januari 2019
Kepala Stasiun Geofisika Kendari

Rosa Amelia, S.Si
DIBALIK PERALATAN YANG BAIK ADA TEKNISI YANG BAIK
.
.
Tahukah sobat, pengecekan sensor pengamatan gempabumi beserta proses jaringan komunikasinya senantiasa perlu dilakukan, guna menentukan langkah-langkah perawatan/pemeliharaan sensor yg lebih efektif. .
.
Jika sensor bisa terpelihara dengan baik, maka kualitas data bisa terjaga untuk menghasilkan analisis data yang akurat, sehingga penyebaran informasi gempabumi bisa berjalan lancar sebagai langkah pengurangan risiko dampak bencana gempabumi.
.
.
Pada kesempatan ini Kepala BMKG bersama Deputi Inskalrekjarkom BMKG melakukan pengecekan sensor gempa di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri-Jateng.
#infobmkg
#kabinetbekerja
#kerjaberdampak
#ictbmkg
Compiled by @daryonobmkg
.
.
Tidak banyak yang tahu bahwa pada masa Kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1924 wilayah Kabupaten Wonosobo pernah luluh lantak akibat guncangan gempabumi dahsyat. Dampak gempa ini, tercatat lebih dari 1.000 warga Wonosobo meninggal dunia dan ribuan rumah mengalami kerusakan.
.
.
Catatan sejarah gempa Wonosobo ini bersumber dari sebuah majalah berbahasa Belanda “Indie” yang terbit pada 7 Januari 1925.
.
.
Dikisahkan bahwa rentetan gempa Wonosobo dimulai pada Minggu tanggal 9 November 1924. Ada 5 kali guncangan gempa yang terjadi pada hari itu, 3 kali guncangan gempa di antaranya dirasakan sangat kuat hingga penduduk meninggalkan rumah-rumah mereka.Guncangan gempa pun sementara berhenti.
.
.
Namun, selang 3 hari kemudian tepatnya pada hari Rabu tanggal 12 November 1924, pada sore hari kembali terjadi 2 kali guncangan gempa kuat yang menimbulkan kerusakan parah pada banyak rumah penduduk. Guncangan gempa yang diikuti tremor itu dilaporkan berlangsung selama 10 menit disertai suara gemuruh yang mencekam.
.
.
Rentetan guncangan gempa ternyata belum usai. Guncangan gempa kuat kembali terjadi pada hari Minggu 16 November 1924. Akibat gempa ini, banyak rumah warga yang semula sudah rusak menjadi semakin bertambah rusak.
.
.
Gempa kuat ini melanda di berbagai wilayah Wonosobo dan sekitarnya. Banyak kampung mengalami kerusakan sangat parah seperti di Kali Tiloe, Pagetan, Salam, dan Larang. Di daerah ini juga dilaporkan banyak terjadi longsoran.
.
.
Gempa tidak saja merusak kawasan permukiman pedesaan. Banyak bangunan Belanda yang kokoh di kota Wonosobo pun tak kuat menahan guncangan hingga akhirnya rubuh ke tanah. Hotel Dieng saat itu juga dilaporkan hancur akibat diguncang gempa.
.
.
Ditinjau dari karakteristik guncangannya yang merusak, tampak bahwa gempa ini merupakan jenis gempa tektonik. Gempa ini merupakan tipe yang didahului dengan aktivitas gempa pembuka (foreshocks) sebelum terjadinya gempa utama (mainshock) yang guncangannya paling kuat.
.
.
Lanjut dikolom komentar 👇...
#sejarah #gempabumi #gempa #infobmkg #faktadata
Tahukah sobat BMKG bahwa tsunami di Selat Sunda masih berpotensi terjadi dengan sumber tsunami dapat berasal dari Kompleks Gunung Anak Krakatau, dari Zona Graben di Selat Sunda atau dapat pula berasal dari Zona Megathrust. Untuk antisipasi dan mitigasi perlu adanya Sinergi Pentahelix, para akademis (pakar), kalangan bisnis, community, pemerintah dan media guna mendukung dan menguatkan upaya pengurangan resiko bencana. Diharapkan para UPT BMKG dapat terus menguatkan sinergi dengan masyarakat tingkat desa, RT/RW dalam melakukan edukasi serta latihan evakuasi tsunami secara berkala dan berkesinambungan, sehingga masyarakat bisa siap menghadapi bencana. Hal ini disampaikan kepala BMKG @dwikoritakarnawati kepada para UPT wilayah Balai II BMKG dalam acara pembukaan Rekonsiliasi Laporan Keuangan Semester II tahun 2018, Senin 14 Jan 2019 di Yogyakarta.

#infobmkg
#kabinetbekerja
#pemerintahbekerja
#kerjaberdampak
Info #Gempa Mag:5.0, 15-Jan-19 06:59:52 WIB, Lok:1.80 LU,99.12 BT (26 km Tenggara TAPANULIUTARA-SUMUT), Kedlmn:10 Km, drskn di Tarutung dan Sipahutar IV MMI, Porsea II-III MMI ::#BMKG
*GEMPABUMI TEKTONIK M=5,0  TERJADI DI ZONA MEGATHRUST SELATAN SELAT SUNDA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI* ● Hari Sabtu, 12 Januari 2019, pukul 19.04.26 WIB, wilayah Samudera Hindia selatan Selat Sunda diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=4,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,85 LS dan 104,24 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 158 km arah selatan Kota Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung pada kedalaman 53 km. ● Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault). ● Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Liwa dalam skala intensitas II - III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami ● Hingga pukul 19.15 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** ● Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

Jakarta, 12 Januari 2019
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG *RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.*
TERNYATA SUDAH ADA SHELTER DI LABUAN
.
.
Beranjak dari kawasan Tanjung Lesung, rombongan BMKG dan @bnpb_indonesia menuju ke daerah Labuan. Di sini rombongan mengunjungi posko pengungsi serta shelter tsunami yang didirikan untuk kesiap siagaan evakuasi bencana tsunami.
.
.
Setelah itu rombongan kemudian menuju ke Pantai Carita dimana Bapak Abdul Muhari dari @kkpgoid menyampaikan manfaat dari penanaman vegitasi di daerah buffer pinggir pantai. Vegetasi perlu lebih rapat untuk mengurangi laju dr gelombang tsunami. Vegetasi yang dapat menahan laju tsunami seperti Pohon Pule, Ketapang, Mahoni, Waru, Beringin dan tanaman lain yg cocok berada di pinggir pantai.
.
.
Kawasan zona merah harus disiapkan dengan penanaman bibit pohon agar bisa melindungi pemukiman dari hantaman gelombang tsunami.
#PemerintahBekerja 
#KerjaBerdampak 
#bnpbindonesia 
#infobmkg
BMKG SARANKAN HOTEL-HOTEL DI TANJUNG LESUNG CONTOH BALI
.
.
Hari ini BMKG  memasang alat pengukur ketinggian permukaan laut di Ujung Kulon dan labuan. Alat yang sama juga telah BMKG pasang di Pulau Sibesi agar kenaikan air laut dapat dideteksi.
.
.
Tim BMKG juga akan berangkat ke Pulau Panaitan besok hari minggu (13 Januari 2019) untuk memasang alat yang sama.
.
.
Selain itu BMKG mengusulkan adanya bouy atau radar untuk bantu memantau sedini mungkin.
.
. 
Hal ini BMKG sampaikan di Hotel Tanjung Lesung Beach dihadapan Bupati Pandeglang dan masyarakat sekitar (12 Januari 2019).
BMKG juga menyampaikan terkait hotel-hotel yang berada di jalur 
merah, agar bisa mencontoh hotel yang ada di Bali. Walaupun berada di jalur merah,  tapi mereka menyiapkan shelter di hotel dan juga menyiapkan logistik yang terus diganti. Jalur evakuasi juga terus diperiksa dan dijaga. 
#PemerintahBekerja 
#KerjaBerdampak 
#bnpbindonesia 
#infobmkg
SUKABUMI (11 Januari 2019)- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat Dusun Cimapag, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat untuk waspada terhadap potensi kemungkinan longsoran susulan, menyusul masih tingginya intensitas curah hujan di wilayah tersebut. “Dengan kondisi curah hujan seperti sekarang, maka besar kemungkinan adanya longsor susulan. Sebaiknya masyarakat tetap waspada dan menjauhi daerah-daerah yang rawan longsor. Terlebih daerah ini memiliki kemiringan lereng yang terjal, dan tersusun oleh tanah gembur ” ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Cisolok, Sukabumi, Jum’at (11/1). Hadir bersama Dwikorita, Kepala BNPB Doni Monardo dan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani.

Dwikorita mengungkapkan, PVMBG telah memetakan wilayah rentan longsor, sementara BMKG bertugas memberikan peringatan dini terkait informasi curah hujan dan cuaca ekstrim kepada BPBD setempat. Dengan demikian diharapkan pemerintah daerah dapat lebih tanggap dalam upaya mitigasi dan penanggulangan bencana di wilayahnya. “Dalam peta tersebut, wilayah ini (Cisolok-red) termasuk zona menengah dan tinggi untuk pergerakan tanah. Artinya daerah ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, yaitu hujan dg intensitas lebat atau hujan dengan durasi yg panjang selama beberapa jam ataupun beberapa hari,” imbuhnya. Air hujan yg meresap ke dalam lereng, mengakibatkan peningkatan tekanan air tanah sebagai daya dorong longsor.

Dwikorita juga menghimbau agar daerah rawan longsor tidak dijadikan area pemukiman warga. Namun sebaliknya agar dijadikan kawasan lindung. Menurutnya relokasi menjadi pilihan tepat bagi warga setempat agar kejadian tersebut tidak lagi terulang. .
.
Lanjut dikolom komentar 👇
ADA POTENSI GELOMBANG TINGGI 3 HARI KEDEPAN, DIMANA SAJA?
.
.
Sebelum berlibur ke pantai antara 12-15 januari cek ombak dulu yuk sob. 
Terdapat dua pola tekanan rendah 1008 hPa dan 1007 hPa di Samudra Hindia barat Aceh dan Samudra Pasifik utara Papua. Pola angin di utara Indonesia umumnya dari arah utara - timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 - 25 knot, sedangkan di selatan wilayah Indonesia umumnya dari arah barat daya - barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 - 20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Selat Malaka bagian utara dan Perairan Kep. Sangihe - Kep. Talaud. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah-wilayah tersebut.
.
.
Tinggi gelombang 1.25 - 2.50 m (Sedang) berpeluang terjadi di :

SELAT MALAKA BAGIAN UTARA, PERAIRAN KEP. ANAMBAS HINGGA KEP. NATUNA, PERAIRAN SABANG - BANDA ACEH, LAUT NATUNA, PERAIRAN BARAT ACEHPERAIRAN TIMUR BINTAN, PERAIRAN BARAT P. SIMEULUE HINGGA KEP. MENTAWAI, LAUT JAWA BAGIAN TENGAH DAN TIMUR, PERAIRAN ENGGANO - BENGKULU, SELAT MAKASSAR BAGIAN SELATAN, PERAIRAN BARAT LAMPUNG, PERAIRAN KEP. SABALANA, SAMUDERA HINDIA BARAT P. SUMATERA, LAUT FLORES, SELAT SUNDA BAGIAN SELATAN, PERAIRAN UTARA P. FLORES, SELAT ALAS BAGIAN SELATAN, LAUT SULAWESI BAGIAN TENGAH HINGGA TIMUR, PERAIRAN SELATAN P. SUMBA, PERAIRAN SELATAN SULAWESI UTARA, PERAIRAN P. SAWU - P. ROTTE, PERAIRAN BITUNG - MANADO, LAUT SAWU, LAUT MALUKU BAGIAN SELATAN, PERAIRAN SELATAN P. FLORES, PERAIRAN UTARA KEP. BANGGAI HINGGA KEP. SULA

Tinggi gelombang 2.50 - 4.0 m (Tinggi) berpeluang terjadi di :

PERAIRAN SELATAN JAWA TENGAH HINGGA LOMBOK, LAUT MALUKU BAGIAN UTARA, SELAT BALI DAN SELAT LOMBOK BAGIAN SELATAN, PERAIRAN UTARA DAN TIMUR HALMAHERA, SAMUDERA HINDIA SELATAN JAWA HINGGA SUMBAWA, LAUT HALMAHERA
.
.
Tetap waspada dan selamat berakhir pekan. 
Data akan diupdate setiap hari di maritim.bmkg.go.id
#infogelombangtinggi
#bmkg
#maritim
BMKG GOES TO BNPB
.
.
Kamis, 10 januari 2019 Kepala BMKG @dwikoritakarnawati beserta jajaran bersilaturahmi ke kantor BNPB. Beberapa hal yg didiskusikan bersama, utamanya terkait koordinasi antar K/L untuk antisipasi dan respon cepat dalam menghadapi bencana, tentunya juga dengan dukungan penuh dari para pakar. 
Dibahas pula edukasi mengenai potensi bencana kepada masyarakat serta latihan kebencanaan sampai tingkat Desa/RT/RW juga menjadi poin yang sangat penting untuk digencarkan.
.
.
Menuju Indonesia tangguh bencana.
@bnpb_indonesia dan @infobmkg bersinergi
#infobmkg
#bmkg
#bnpb
#kerjaberdampak
#pemerintahbekerja
INI KATA BMKG TENTANG ISU TSUNAMI DI TAPANULI TENGAH 10 JANUARI 2019
.
.
Mencermati isu tsunami di daerah Tapanuli Tengah pada hari Kamis tanggal 10 Januari 2019 sekitar pukul 02.30 WIB, maka Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan tanggapan sebagai berikut:
1. Seketika itu BMKG segera melakukan analisis rekaman data sinyal seismik di sensor terdekat dimana hasilnya tidak ada aktivitas kegempaan di Tapanuli dan sekitarnya. 
2. Hasil pengamatan stasiun pasang surut (tide gauge) di wilayah Sumatera Utara, (Sibolga, Gunung Sitoli, Lahewa, Teluk Dalam, Pulau Tello, dan Tanabala) tidak ditemukan perubahan gelombang air laut yang signifikan (hanya gejala normal pasang surut harian) . 
3. Berdasarkan hasil pengamatan lapangan oleh BMKG Pinangsori, Sibolga dan BMKG Nias bahwa tidak didapatkan adanya gejala peristiwa tsunami. 
4. Oleh karena itu BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tidak mempercayai isu tsunami yang berkembang dan dapat melakukan aktivitas seperti biasanya. 
5. Tetap waspada dan selalu pantau informasi resmi yang bersumber dari BMKG melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).
Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
Jakarta, 10 Januari 2019
*Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG* *RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.*
#BMKGmenjawab
#hoax
#lawanhoax
#tsunami
#tapanulitengah
BACA INI DULU SEBELUM KE PANTAI SOB..
.
.
Terdapat Sirkulasi Eddy di Perairan barat Aceh dan Samudra Pasifik timur laut Jayapura. Pola angin di utara Indonesia umumnya dari arah utara - timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 - 25 knot, sedangkan di selatan wilayah Indonesia umumnya dari arah barat daya - barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 - 20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Andaman, Laut Cina Selatan, Laut Natuna Utara, Laut Jawa Bagian barat, Selat Malaka bagian tengah dan Perairan Kep. Sangihe - Kep. Talaud. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah-wilayah tersebut
.
.
Jadi selalu pertimbangkan kondisi ombak yah sob sebelum berlayar atau berenang dipantai.
Stay safe dan selalu waspada
#infobmkg
#bmkgmaritim
#peringatandinigelombangtinggi
#faktadata
*GEMPABUMI TEKTONIK M5,2 MENGGUNCANG KABUPATEN SUMBA TENGAH, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI* • Hari Kamis, 10 Januari 2019, pukul 01.56.31 WIB, wilayah Kabupaten Sumba Tengah diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,63 LS dan 119,91 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 34 km arah timur 38 km arah barat Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 79 km. • Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Kabupaten Sumba Tengah ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar turun (normal fault). • Guncangan gempabumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Waingapu, Bima dan Labuan Bajo dalam skala intensitas III MMI, di Manggarai Barat dengan intensitas II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. • Hingga pukul 02.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** • Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). Jakarta, 10 Januari 2019
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG

RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.
JANGAN KASIH KENDOR
.
.
Kepala BMKG @dwikoritakarnawati karnawati terus melakukan pemantauan sistem dan peralatan BMKG untuk memastikan sistem dan peralatan tersebut selalu siap & siaga, sehingga operasional 24/7 dapat berjalan dengan lancar.
#bmkg
#infobmkg
#kabinetbekerja 
#kerjaberdampak
Info Gempa Mag:5.1, 09-Jan-19 16:39:06 WIB, Lok:3.71 LU, 95.58 BT (104 km BaratDaya KAB-ACEHBARAT), Kedlmn:10 Km, Tidak Berpotensi Tsunami ::BMKG
.
.
*GEMPABUMI TEKTONIK M5,1 MENGGUNCANG KABUPATEN ACEH BARAT, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI* •	Hari Rabu, 9 Januari 2019, pukul 16.39.10 WIB, wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,1 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=4,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,81 LU dan 95,81 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 53 km arah barat daya Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Propinsi Aceh pada kedalaman 60 km. •	Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.  Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran oblique naik (Oblique Trust Fault). •	Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Naganraya III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. •	Hingga pukul 17.38 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** •	Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). Jakarta, 9 Januari 2019
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG *RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.*
Info Gempa Mag:5.4, 08-Jan-19 16:54:45 WIB, Lok:7.85 LS, 106.48 BT (113 km BaratDaya KOTA-SUKABUMI-JABAR), Kedlmn:10 Km, tidak berpotensi tsunami ::BMKG
.
.
*GEMPABUMI TEKTONIK M=5,4 MENGGUNCANG KABUPATEN SUKABUMI, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI* •Hari Selasa, 8 Januari 2019, pukul 16.54.47 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempabumi tektonik. •Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,4 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,0. •Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,83 LS dan 106,44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km arah selatan Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat pada kedalaman 50 km. •Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi berkedalaman dangkal ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. •Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan Sesar Naik (Thrust Fault). •Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Pelabuhan Ratu dan Sukabumi III MMI, Bandung II-III MMI, Pangandaran dan Lebak II MMI. •Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. •Hingga pukul 17.07 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). •Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** Jakarta, 8 Januari 2019
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG *RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.*
Info Gempa Mag:4.5 SR, 07-Jan-19 23:58:49 WIB, Lok:8.32 LS,109.09 BT (69 km Tenggara CILACAP-JATENG), Kedlmn:11 Km, dirasakan di Pangandaran, Cilacap I-II MMI::BMKG
#gempa #infobmkg
#repost
#lagumitigasigempabumi
Semoga makin sering didengar sobat sekalian jadi hafal 🙏
Info Gempa Mag: 4.8, 07-Jan-19 22:04:09 WIB, Lok: 8.15 LS, 107.88 BT (62 Km BaratDaya KAB-TASIKMALAYA-JABAR), Kedalaman: 21 Km, dirasakan di Sukabumi, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis II-III MMI ::BMKG
KEJADIAN GEMPABUMI MERUSAK MENINGKAT DITAHUN 2018!

BERDASARKAN data gempa dari Pusat Gempa Nasional BMKG, selama tahun 2018 di wilayah Indonesia telah terjadi aktivitas gempa sebanyak 11.577 kali dalam berbagai magnitudo dan kedalaman. Sementara pada tahun 2017 jumlah aktivitas gempa yang terjadi hanya 7.172 kali. Artinya, selama tahun 2018 telah terjadi peningkatan jumlah aktivitas gempa yang drastis di Indonesia, yaitu 4.405 kejadian gempa tektonik atau naik sekitar 50%. Berdasarkan magnitudonya, selama tahun 2018 gempa didominasi oleh gempa dengan magnitudo  kurang dari 5 sedangkan gempa diatas magnitudo 5 tercatat sebanyak 297 kali.
Sepanjang tahun 2018, aktivitas gempa di Indonesia didominasi oleh gempa dangkal kurang dari 60 km yang terjadi 9585 kali. Selanjutnya gempa kedalaman menengah antara 61 - 300 km terjadi 1856 kali. Sedangkan gempa hiposenter dalam di atas 300 km hanya terjadi 136 kali.

menurut @daryonobmkg tingginya aktivitas gempa bumi di Indonesia selama tahun 2018 tersebut disebabkan karena adanya beberapa gempa kuat dan diikuti oleh rangkaian gempa susulan yang banyak. Selain itu, adanya aktivitas gempa swarm di Mamasa, Sulawesi Barat juga memberikan tambahan jumlah gempa yang sangat signifikan. Sehingga jika dikumulatifkan seluruh aktivitas gempa yang terjadi di Indonesia pada tahun 2018 menjadi jumlah yang sangat besar.
.
.
lanjut dikolom komentar👇
Info #Gempa Mag:5.0, 07-Jan-19 10:48:29 WIB, Lok:8.10 LS, 119.88 BT (66 km BaratLaut MANGGARAIBRT-NTT), Kedlmn:10 Km ::BMKG http://inatews.bmkg.go.id/
Sudah menjadi pekerjaan rutin Tim Geopotensial dan Tanda waktu BMKG untuk melakukan rukyat Hilal setiap bulannya untuk menentukan awal bulan kalender Hijriah.
Esok Minggu, 06 januari 2019 pengamatan hilal awal bulan jumadal ula akan dilaksanakan. #sobatbmkg bisa ikut mengamatinya dengan menyaksikannya secara live streaming dari 19 lokasi di Indonesia melalui www.bmkg.go.id/hilal.

Hilal biarlah diamati BMKG, tapi yang halal biarlah kamu amati sendiri...
#jumadalula
#hilal
#infobmkg
Selamat pagi #sobatbmkg, tahukah sobat BMKG salah satu fokus dari BMKG saat ini adalah potensi bencana yang ada di Selat sunda, eitss... bukan berarti potensi yang ada diseluruh wilayah Indonesia lainnya tidak diperhatikan yah. .
.
Ibu @dwikoritakarnawati dan tim BMKG mungkin beberapa waktu ini sedikit lupa bagaimana rasanya libur.  Hari-demi hari digunakan untuk terus bersinergi dengan instansi terkait seperti @kemenkomaritim @kkpgoid @kesdm @kabargeologi @bppt_ri @pvmbg_kesdm @lapan_ri @tni_angkatan_laut @tni_indonesia_update @militer.udara @divisihumaspolri  @bnpb_indonesia demi menganalisa potensi  dan menyiapkan mitigasi bencana dinegeri tercinta ini.
Stay safe, tetap waspada dan pantau terus informasi dari kami
#infobmkg
#sinergiantarinstansi
#MitigasiBencana
Sebelum sobat beristirahat, mimin mau sampaikan kepada masyarakat terdampak bencana di daerah Sekitar Labuan yang sangat rawan dicekoki informasi HOAX, Jika sobat mendapatkan sebuah informasi atau isu yang meresahkan agar segera mendatangi Posko terpadu Penanggulangan Bencana banten yanga ada di Labuan. Disana ada posko BMKG yang membawa serta Bis Cuaca lengkap dengan teknologi MOBILE WEATHER EMERGENCY SERVICE yang dapat membantu kamu mendapatkan informasi yang valid tentang MKG. Petugas kami siaga 24 jam disana.
.
.
Selamat tidur, semoga mimpi indah, jangan lupa berdoa, selipkan doa untuk negeri ini agar terbebas dari bencana 🙏
#infoBMKG
#SobatBMKGCerdas
#penanggulanganbencana
#poskoBMKG
Ternyata masih banyak sobat yang belum mengetahui bahwa info diatas adalah HOAX meskipun sudah diklarifikasi oleh BMKG lampung, jadi mimin kasih penjelasan lagi yah.
.
.
Yang harus diketahui, BMKG tidak pernah memberikan pernyataan tersebut. Kemudian dihimbau kepada masyarakat jika mendapat broadcast terkait audio tersebut untuk tidak menyebarluaskannya dan langsung saja dihapus agar tidak kembali membuat resah masyarakat dikemudian hari.
.
.
Sekali lagi mimin informasikan bahwa hingga saat ini gempa bumi belum bisa diprediksi secara valid, jadi jika sobat mendapatkan edaran informasi terkait prediksi gempa dengan ciri-ciri MENYEBUTKAN WAKTU KEJADIAN SECARA DETAIL HINGGA JAM, MENIT, DETIK lalu disertai BESAR KEKUATAN GEMPA dipastikan itu adalah berita bohong alias HOAX. Terutama terkait aktivitas gunung api pantau informasi resmi dari PVMBG dan Badan Geologi  melalui aplikasi MAGMA Indonesia . Serta ikuti terus perkembangan berita cuaca, gempabumi, iklim dan lain-lain melalui aplikasi InfoBMKG.
.
.
Stay safe, Selalu waspada dan tetap tenang
#infobmkg
#bmkgsiaga
#GunungAnakKrakatau
#TangkalHoax
Setelah melewati ombak yang tinggi dan hembusan angin yang cukup kencang, TIM @ictbmkg BMKG dibantu oleh aparat @tni_indonesia_update hari ini berhasil memasang Sensor Water Level dan Curah Hujan di Pulau Sibesi. Data dari sensor water level ini bermanfaat untuk memantau perubahan tinggi permukaan air laut disekitar Gunung Anak Krakatau. Hasil pemantauan permukaan air laut tersebut berfungsi untuk membantu BMKG menentukan kemungkinan apakah terjadi tsunami atau tidak. Jadi sudah dua langkah yang kami lakukan yah sob, pertama adalah merintis InaSEIS dan yang kedua memasang Sensor Waterlevel dan curah hujan di Pulau Sibesi. Semoga sistem ini dapat membantu kita 🙏
Stay safe, selalu waspada dan tetap tenang.
#waterlevel
#inaseis
#infobmkg 
#gununganakkrakatau
jika sobat sudah memahami penyebab TIDAK MUNCULNYA WARNING. Pasti masih ada yang bertanya , lalu apa yang dilakukan BMKG untuk Memantau potensi TSUNAMI SENYAP yang masih bisa terjadi akibat longsoran Gunung Anak Krakatau?
Pasca bencana 22 Desember tersebut  BMKG kemudian merintis sistem peringatan dini tsunami akibat longsoran lereng Gunung Anak Krakatau yang dinamai Indonesia Seismic Information System (InaSEIS). Sistem ini beroperasi di selat sunda berbasis monitoring aktifitas seismik  lokal " DI DUNIA INI BELUM ADA SISTEM PERINGATAN DINI TSUNAMI AKIBAT LOGSORAN LERENG VULKANIK, KAMI MERANCANG PERMODELAN MANDIRI" ungkap  @daryonobmkg pada @hariankompas
.
.
Semoga sistem yang BMKG rintis ini dapat memberikan manfaat pada peringatan dini tsunami di selat sunda 🙏
Source gambar: kompas.
#Repost .
.
Sebagai Lembaga yang bertugas dalam memberikan peringatan  dini tsunami, BMKG bekerja sama dengan berbagai pihak telah membangun Sistem Peringatan Dini Tsunami sejak tahun 2006. Sistem peringatan dini tsunami akibat gempa tektonik ini diberi nama INATEWS (Indonesia Tsunami Early Warning System).
Seperti apa prinsip kerja sistem ini? Yuk simak video diatas
#inatews
#infobmkg
#tsunami
#peringatandinitsunami
*KENAPA AKHIR-AKHIR INI ANGIN BEGITU KENCANG?*
Akhir-akhir ini masyarakat banyak yang menanyakan ke BMKG terkait kecepatan angin yang cukup tinggi di wilayah Indonesia. Kecepatan angin yang tinggi ini tidak hanya terjadi dalam beberapa menit saja tapi dengan durasi yang cukup lama/hampir sepanjang hari. 
Lalu kira-kira apa penyebabnya dan sampai kapan kecepatan angin yang cukup kencang ini akan berlangsung? 
Penyebab yang paling dominan dari peningkatan kecepatan angin di wilayah Indonesia adalah akibat peningkatan tekanan udara di wilayah Asia yang saat ini sedang terjadi musim dingin.  Sementara itu, posisi matahari yang berada di selatan khatulistiwa karena gerak semu tahunan matahari menyebabkan di wilayah Indonesia dan Samudera Hindia akan banyak terbentuk daerah tekanan rendah, (seperti daerah tekanan rendah yang saat ini terbentuk di selatan Papua dan Jawa Timur). Akibat dari perbedaan tekanan antara dataran Asia dan Indonesia yang cukup besar ini adalah pergerakan massa udara dari Asia menuju Indonesia yang cukup kuat selama beberapa hari terakhir, dan bahkan hingga awal tahun 2019 nanti. 
Kondisi kecepatan angin yang cukup tinggi ini diprakirakan akan berlangsung hingga awal tahun 2019 nanti mengingat tekanan tinggi di Asia juga masih akan bertahan cukup lama.

BMKG menghimbau agar masyarakat betul-betul memperhatikan terkait potensi dampak akibat angin kencang ini (seperti pohon, baliho ukuran besar, dan benda lainnya yang berpotensi roboh akibat angin kencang) terutama di wilayah pesisir pantai. 
Selain itu, karena angin kencang ini juga berpengaruh pada peningkatan ketinggian gelombang hingga awal tahun 2019 nanti, maka kami menghimbau agar para nelayan atau masyarakat yang beraktifitas di lepas pantai untuk benar-benar waspada terkait potensi gelombang tinggi hingga awal tahun 2019 nanti.

Kalau ingin tahu lebih jauh beberapa data terkait ulasan di atas, silakan kunjungi web berikut ini:
Kontur tekanan udara: http://web.meteo.bmkg.go.id/id/pengamatan/analisis-isobar
Peta citra satelit: http://satelit.bmkg.go.id/BMKG/
Peta prakiraan gelombang: http://peta-maritim.bmkg.go.id/static/ .
.
Lanjut dibawah 👇
Bagi sobat bmkg yang baru bergabung diinstagram infobmkg.
Jangan lewatkan serial edukasi tsunami yang sudah kami posting di IGTV infobmkg. Jika hp kamu belum terinstall IGTV kamu bisa nonton via youtube infobmkg yang linknya akan mimin share di story.
#infobmkg
#edukasitsunami
Pagi ini Kondisi cuaca yang baik membantu kami melihat dari dekat erupsi Anak Gunung Krakatau dan datanya kemudian akan kami gunakan untuk  merencanakan langkah-langkah yang akan segera diambil dalam menghadapi berbagai skenario.
.
.
sepulang dari Gunung Anak Krakatau kami melanjutkan Rapat Koordinasi bersama  Dr. Hery Harjono, Bpk Istamar Direktur ESRI dan Bpk Amin untuk membahas potensi gempa&tsunami Selat Sunda serta bagaimana langkah ke depan untuk antisipasi & mitigasi.
.
.
Untuk informasi status GAK dapat menghubungi dan update di aplikasi magma indonesia @pvmbg_kesdm 
#infobmkg
#gununganakkrakatau
@bppt_ri @militer.udara @bpkp_id @kabargeologi8
Rapat Koordinasi siang ini untuk membahas Antisipasi dan Mitigasi dalam menghadapi potensi gempa dan tsunami di Selat Sunda.
#infobmkg
#dongenggeologi
#esriindonesia
#pemerintahbekerja 
#kerjaberdampak
Berdasarkan hasil pemotretan udara oleh @militer.udara dan BMKG diketahui gunung anak krakatau masih aktif, masih berpotensi membangkitkan tsunami.

Oleh karena itu, zona waspada dalam radius 500 m - 1 km masih tetap berlaku. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan waspada untuk menghindari beraktivitas didalam zona 500m - 1 km.

Mohon terus memonitor perkembangan informasi aplikasi mobile dan media sosial infobmkg  dan memonitor perkembangan aktivitas gunung krakatau melalui aplikasu MAGMA milik Badan Geologi ESDM agar tidak terpancing dengan informasi yg menyesatkan.

BMKG beserta Badan Geologi dengan dukungan TNI dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman masih tetap terus memantau.

Jakarta 29 Desember 2018

Deputi Bidang Geofisika BMKG

Dr. Ir. Muhamad Sadly, M. Eng.
@bppt_ri @kkpgoid @kemenkomaritim @badaninformasigeospasial @kabargeologi @pvmbg_kesdm @divisihumaspolri
Meskipun tidak bertemu langsung, Kepala BMKG @dwikoritakarnawati dan seluruh deputi BMKG tetap maksimal dalam memonitoring dan memberikan arahan kepada seluruh Stasiun koordinator provinsi yang dimiliki BMKG
.
.
Menjelang puncak musim hujan seluruh UPT BMKG diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam memonitoring dan mengantisipasi potensi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu.
#infobmkg
Berdasarkan data dari aplikasi magma Indonesia @pvmbg_kesdm status GAK masih berstatus siaga. Oleh karena itu mimin posting kembali rilis dari kepala pusat gempabumi dan tsunami kemarin yang tentunya sudah sobat dapatkan dari berbagai media.
#infobmkg
#krakatau
#selatsunda
Shakemap dan penjelasan
.
.
*GEMPABUMI TEKTONIK M6,1 MENGGUNCANG KABUPATEN MANOKWARI SELATAN, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI*

Hari Jumat, 28 Desember 2018, pukul 10.03.35 WIB, wilayah Kabupaten Manokwari Selatan diguncang gempabumi tektonik. 
Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M6,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,58 LS dan 134,12 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km arah selatan Kota Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Propinsi Papua Barat pada kedalaman 50 km (update). Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Yapen. 
Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh sesar mendatar (strike slip fault). Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) dan informasi dirasakan menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Manokwari IV MMI, Ransiki III- IV MMI, Bintuni II-III MMI, Wasior II - III MMI, dan Sorong II MMI

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 
Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 10.18 WIB, Hasil monitoring BMKG ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock) sebanyak 2 kali.  Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** Jakarta, 28 Desember 2018

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG

RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.
Sebelum Berlibur ke Pantai untuk menghabiskan weekend dan tahun baru atau beraktifitas dilaut. Mari pertimbangkan potensi gelombang tinggi diperairan yang akan kamu datangi. .
.
Wilayah Samudera Hindia selatan jawa barat hingga jawa timur, perairan kepulauan natuna dan laut natuna utara berpeluang terjadi gelombang setinggi 4-6 meter yang cukup berbahaya untuk pelayaran.
@bmkgmaritim
#infobmkg
#gelombang tinggi
Wawancara dengan Kumparan
*GEMPABUMI TEKTONIK M=3.7 DIRASAKAN DI LOMBOK UTARA DAN LOMBOK BARAT* 
Kamis, 27 Desember 2018 pukul 19.48.52 WITA, wilayah Lombok Utara diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,7. Episenter terletak pada koordinat 8.26 LS dan 116.24 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 13 km barat laut Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 2 km. 
Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara IV MMI dan Lombok Barat III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. 
Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust). Kepada masyarakat di wilayah Lombok Utara dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
Denpasar, 27 Desember 2018
Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar
Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS
Mimin rasa Masyarakat Indonesia sudah bisa membedakan mana informasi yang benar dan yang salah 🙏.
.
.
Sejauh ini belum ada teknologi ataupun ahli yang dapat memprediksi kapan tepatnya (dilengkapi jam dan tanggal pasti) sebuah gempa akan terjadi.
Lebih baik tetap waspada, berdoa yang baik, dan terus pantau informasi dari pihak terkait/ instansi resmi pemerintah 🙏.
Semoga sudah bisa menjawab pertanyaan warganet yang banyak bertebaran dikolom komentar.
#lawanhoax
#infobmkg
Kepala BMKG @dwikoritakarnawati mengujungi Media Center Tanggap Darurat Tsunami Selat Sunda, Rabu (26/12), di Labuan Banten.

Pada kesempatan tersebut Bu Dwi melakukan koordinasi dengan kepala BNPB, Bupati Pandeglang, TNI/Polri dan berbagai pihak terkait lainnya.

Selain itu, Bu Rita juga menyempatkan diri menjawab berbagai pertanyaan dari rekan media terkait informasi hoax yang beredar di masyarakat. Melalui media ini Dwikorita berharap informasi hoax tersebut dapat ditangkal sehingga masyarakat tidak resah.

Dwikorita juga mengingatkan kepada masyarakat untuk menjauhi pantai yang dikarenakan erupsi anak gunung krakatau sampai saat ini berada pada level waspada.

Koordinasi tersebut berlanjut di Hotel Krakatau Cilegon bersama dengan Kapolda Banten, Kapolres Cilegon, dan para Industri yang berada di Cilegon.
#InfoBMKG
#BMKGOnDuty
#BeritaBMKG
#BantenLampungBangkit
Pasca Bencana Tsunami Selat sunda akibat longsoran Anak gunung krakatau. Kepala BMKG @dwikoritakarnawati dan tim pada tanggal 25 desember 2018 melakukan serangkaian kegiatan seperti survey udara bersama TNI, melayani awak media untuk memberikan informasi, serta melakukan Konferensi pers bersama kemenkomaritim guna menyampaikan perkembangan kondisi Selat Sunda dan Anak Gunung Krakatau.
#infobmkg
#BMKGOnDuty
#BantenLampungBangkit
GEMPABUMI TEKTONIK M=4,4 MENGGUNCANG WILAYAH KABUPATEN ACEH SELATAN, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Hari Rabu, 26 Desember 2018, pukul 17:23:13 WIB, wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa bumi tektonik, Hasil Analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,4 pada koordinat episenter 3.11 LU dan 97.28 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km Kab, Aceh Selatan pada kedalaman 10 km.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat Kab- Aceh Selatan menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan yang dirasakan di daerah Tapak Tuan berkisar II-III MMI. 
Gempabumi yang terjadi di Wilayah Kab-Aceh Selatan, jika dilihat dari lokasi serta kedalamannya yang dangkal, merupakan jenis gempabumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera.

Hingga pukul 18.30 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kab- Aceh Selatan dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** Medan, 26 Desember 2018
Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I
Edison Kurniawan, S.Si., M.Si.
Bagai menjaring AYAM dengan Perangkap GAJAH.
Logika sederhana dari salah satu staff BMKG yang dapat menjelaskan kondisi tsunami selat sunda kemarin.
Tetap semangat untuk @infobmkg dan @pvmbg_kesdm  untuk indonesia yang lebih baik🙏
GEMPABUMI GUNCANG GIMPUBIA (KAB. DONGGALA) DAN DAERAH DISEKITARNYA

Hari Rabu, tanggal 26 Desember 2018 pukul 04:36 WITA, di Gimpubia (Kab. Donggala) dan daerah disekitarnya diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M = 4.5; Lokasi pusat gempa berada di darat, 6 km arah baratdaya Gimpubia (Kab. Donggala) pada koordinat 1.10 LS - 119.67 BT kedalaman 8 km, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas sesar lokal setempat.

Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala IV-V MMI di Gimpubia (Kab. Donggala), dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan; benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan sangat lemah (II MMI) di palu; 
Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hal-hal yang berkenaan dengan kejadian gempabumi agar tetap mengikuti arahan BPBD dan Informasi BMKG.

Palu, 26 Desember 2018
Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu,

TTD

Cahyo Nugroho, SE, S.Si

NIP. 19750805 1998031001
Pasca bencana,  masyarakat biasanya sangat mudah terpancing oleh isu-isu yang tidak valid. Faktor trauma dan takut mengalami kejadian yang sama memang sangat mudah membuat kepanikan. Disinilah kami memiliki peran untuk turun kelapangan dan memberikan penjelasan kepada masyarakat terdampak agar tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Tetap sabar untuk saudara-saudara kami, dan kami selalu hadir untuk masyarakat indonesia.
#infobmkg
#bantenlampungbangkit
#lawanhoax
GEMPABUMI TEKTONIK M=2.6 SR MENGGUNCANG DIENG

Hari Selasa, 25 Desember 2018, pukul 18:27:38 WIB, wilayah Dataran Tinggi Dieng diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=2,6 terjadi dengan koordinat episenter pada 7.35 LS dan 109.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2.5 km arah Timur Laut Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah pada kedalaman 10 km. Guncangan gempa ini dirasakan oleh sebagian warga di Dieng dan Batur, Banjarnegara (I – II MMI). Lokasi gempa ini berdekatan dengan event gempa yg terjadi pada tanggal 10 Desember 2018 yang berada pada jarak 7 km Barat Daya Kabupaten Wonosobo.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yg belum terindentifikasi (blind fault)

Hingga pukul 19:45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Banjarnegara, 25 Desember 2018.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara

Setyoajie Prayoedhie
Apakah perbedaan BUOY dan TIDE GAUGE?
Agar sobat sekalian semakin memahami perbedaan keduanya mari membaca tulisan dari staff bapak @daryonobmkg di Pusat Gempa Nasional BMKG diatas.
.
.
Setelah membacanya sobat sekalian juga akan memahami perbedaan memprediksi tsunami dan memantau tsunami 🙏
#memahamaiinatews
#infoBMKG
#buoy
#tidegauge
#tsunami
Press Release Bersama Bencana Selat sunda.
@kemenkomaritim 
@infobmkg 
@badaninformasigeospasial 
@bppt_ri 
@lipiindonesia 
@kabargeologi .
.
Telah dipastikan bahwa penyebab tsunami diselat sunda adalah akibat terjadinya longsoran ditebing gunung anak krakatau (gambar bisa dilihat pada slide ke 4). Longsornya sendiri diakibatkan oleh tremor (getaran yang terus menerus) akibat aktifitas vulkanik gunung krakatau ditambah dengan curah hujan yang tinggi pada daerah tersebut.
Lembaga-lembaga diatas telah berkoordinasi dan akan melakukan kerjasama sesuai poin 7 pada press release di atas. 
Kami juga mengucapkan selamat  bertugas untuk rekan-rekan kami @bnpb_indonesia dan @sar_nasional
.
.
Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat. Kemudian sekali  lagi kami tekankan untuk tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang tidak jelas sumbernya.🙏
#prayforbanten
#prayforlampung
#prayforindonesia
#KerjaBersama
GEMPABUMI TEKTONIK M=4,5 MENGGUNCANG WILAYAH KABUPATEN PIDIE, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Hari Senin, 24 Desember 2018, pukul 06:41:40 WIB, wilayah Pidie diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,5 pada koordinat episenter 4.96 LU dan 95.88 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km arah BaratDaya Kab. Pidie, Aceh pada kedalaman 10 km.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat Sabang menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan yang dirasakan di daerah Indrapuri berkisar I-II MMI. 
Gempabumi yang terjadi di Wilayah Pidie ini, jika dilihat dari lokasi serta kedalamannya yang dangkal, merupakan jenis gempabumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera.

Hingga pukul 07.24 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di sekitar wilayah Pidie dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** Medan, 24 Desember 2018
Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I
Edison Kurniawan, S.Si., M.Si.
GEMPABUMI M 3,2 MENGUNCANG WILAYAH KOTA JAYAPURA

Hari Senin, 24 Desember 2018, terjadi gempa tektonik di wilayah Kota Jayapura.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini terjadi pada pukul 04:47:18 WIT dengan Magnitudo M=3,2 SR Episenter terletak pada koordinat 2.71 LS - 140,64 BT tepatnya di darat pada jarak 20 Km arah Barat Daya Kota Jayapura dengan kedalaman 10 Km.

Dampak gempa berupa guncangan yang dirasakan di Jayapura dalam skala intensitas I-II MMI.
Ditinjau dari episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar pada Region Lajur Anjak Memberamo.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 05.40 WIT, belum terjadi aktivitas gempa susulan. Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. *

Jayapura, 24 Desember 2018

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura

Petrus Demon Sili, S.IP, M.Si
NIP 19630307 198503 1 002
Peringatan gelombang tinggi untuk tanggal 23 desember - 26 desember. Perhatikan saran keselamatannya yah sobat.
.
.
Apakah penyeberangan laut aman?
> BMKG tupoksinya menyediakan data cuaca kelautan/maritim termasuk gelombang tinggi, jadi harap waspada terhadap potensi gelombang tinggi pada daerah yang tercantum. Untuk izin penyeberangan adalah tugas dari syahbandar, ASDP dll. Jadi mohon untuk mengikuti arahan dari pelabuhan.
.
.
Bagaimana dengan saya yang tinggal dipinggir pantai disekitar perairan yang tercantum diatas? >Disarankan untuk waspada dan tidak beraktifitas diperairan yang tercantum diatas 🙏
.
.
Stay safe dan selalu pantau informasi dari kami.
#infobmkg
#bmkgmaritim
Info Gempa Dirasakan : Mag. 3.7 SR, 23-Des-18 12:19:51 WITA, Lokasi : 0.93 LS - 119.82 BT [darat, 7 km arah baratdaya Palu], Kedalaman : 6 km, dirasakan IV MMI di Palu; ::BMKG
Diatas adalah Press Release BMKG terkait Tsunami di Anyer dan sekitarnya. Mimin artikan yah
.
.
1. Jadi tgl 21 desember BMKG telah mengeluarkan peringatan gelombang tinggi seperti yang ada dilampiran untuk tgl 22-25 desember  didalamnya termasuk selat sunda. Peringatan gelombang tinggi bisa teman-teman cek di www.maritim.bmkg.go.id
.
2. Sabtu tgl 22. Desember pkl 09-11 siang terjadi hujan lebat dan angin kencang di perairan Anyer.
.
3.Sekitar Pukul 21.30 terjadi kenaikan gelombang tinggi yang tercatat ditide gauge BMKG dengan karakteristik yang menunjukkan itu adalah TSUNAMI Tetapi TIDAK TERJADI GEMPABUMI TEKTONIK. setelah berkoordinasi dengan Badan geologi diketahui telah terjadi erupsi gunung Krakatau pada pukul 21.03.
.
4. Dipastikan kejadian di anyer adalah TSUNAMI YANG BUKAN DISEBABKAN OLEH GEMPA TEKTONIK  dan Kekuatan tsunami diperparah dengan adanya gelombang tinggi akibat cuaca,  dan saat ini masih akan diselidiki apakah ada hubungannya dengan erupsi krakatau.
.
5. Kepada masyarakat terdampak sebaiknya saat ini tidak mendekati pantai hingga ditemukan penyebab pasti tsunami tersebut. Karena saat ini BMKG masih melakukan survey lapangan dan  berkoordinasi dengan Badan Vulkanologi. Dan Diminta agar meningkatkan kewaspadaan ancaman pasang maksimum untuk tgl 24-25 Des untuk wilayah Pesisir Selatan Sumatera,  Lampung,  Pesisir, Kalimantan Barat, Pesisr Utara Jawa ( Banten, Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim) dan Utara Bali.
*GEMPABUMI TEKTONIK M=4,2 DIRASAKAN DI LOMBOK UTARA* 
Minggu, 23 Desember 2018 pukul 07.59.50 WITA, wilayah Lombok Utara diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,2. Episenter terletak pada koordinat 8,31 LS dan 116,08 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km barat laut Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 10 km. 
Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara IV MMI, Lombok Barat, Mataram III MMI dan Lombok Tengah II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. 
Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust). Kepada masyarakat di wilayah Lombok Utara dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
Denpasar, 23 Desember 2018
Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar
Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS
Tim mobil cuaca akan berposko di Pelabuhan Merak dari tanggal 21-26 Desember dan Rest Area KM. 45 Ciawi dari 27 Des hingga 1 Januari 2019, dalam menjalankan kegiatan layanan informasi selama 24 jam sehari akan terbagi menjadi 2 shift (pagi dan malam). Guna mendukung kelancaran Angkutan Natal dan Tahun Baru, Tim Posko Info Cuaca BMKG yang berada di merak akan memberikan Informasi antara lain data pengamatan AWS, Cloud Tracking dan Tinggi Gelombang. Sedangkan untuk di rest area km. 45 ciawi akan memberikan prakiraan cuaca di ciawi dan sekitarnya berdasarkan update NDF/ National Digital Forecas D2 (tingkat kecamatan) Jawa Barat ,

Dalam sambutannya Kepala BMKG mengatakan bahwa Posko Info Cuaca angkutan natal dan tahun baru memiliki tujuan untuk menjaga keselamatan dari aspek cuaca (cuaca ekstrim), sekaligus untuk mengedukasi ke publik. "semoga liburan natal dan tahun baru dapat terdeteksi lebih dini dan bisa di mitigasi dengan baik", harap Kepala BMKG
#infobmkg 
#PemerintahBekerja
#PoskoCuaca
#PoskoNatal2018
#nataldantahunbaru
Kegiatan ini merupakan bagian dari wujud tanggung jawab Pusat Penelitian dan Pengembangan kepada BMKG dalam mendukung peningkatan pelayanan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika, berupa inovasi dalam bentuk kajian, model, metode ataupun aplikasi sistem.
"Terdapat  9 (sembilan) produk yang diserahterimakan. Produk-produk ini telah dikembangkan dengan menjalin sinergi dan kerjasama antar kedeputian teknis terkait," Ujar Dwikorita Karnawati, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika.

Pusat Penelitian dan Pengembangan menyerahkan software aplikasi INARAISE (Indonesia In-house Radar Integration System) dan RESMMA-8 (Rainfall Estimation Model Using Himawari-8) kepada Pusat Meteorologi Publik. 
Sementara, sambung Dwikorita, data proyeksi iklim CORDEX-SEA dan aplikasi website sistem peringatan dini demam berdarah dengue (DB-Klim) masing-masing diserahkan kepada Pusat Perubahan Iklim dan Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan. 
Terkait Software Peluruhan Gempa diserahkan kepada Pusat Gempabumi dan Tsunami. 
Selain itu, lanjutnya sistem aplikasi SIMOTERA (Sistem Monitoring TEC dan Radon) untuk precursor gempabumi dan sistem aplikasi INASMIS (Indonesia Seismic Microzonation Information System) untuk mikrozonasi gempabumi diberikan kepada Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu. "Untuk  mendukung program data rescue dan otomatisasi, Pusat Data Base menerima software Stripchart Digitizer sebagai alat untuk memvalidasi data pengamatan paralel antara pengamatan manual dan otomatis,"ujar Dwikorita.

Dwikorita Karnawati pun mengutarakan  meskipun BMKG merupakan  lembaga operasional, namun tidak berarti dalam menjalankan operasionalnya tidak membutuhkan penelitian. "Penelitian dan pengembangan menjadi pondasi penting agar BMKG tetap diakui dan dipercaya oleh publik dengan mendongkrak inovasi layanan-layanan produknya," imbuhnya.
#infoBMKG
#InovasiTeknologi
#InovasiKerja
#PemerintahBekerja
#litbang
*GEMPABUMI TEKTONIK M=4,5 DIRASAKAN DI LOMBOK* 
Sabtu, 22 Desember 2018 pukul 13.58.26 WITA, wilayah Lombok dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 8,56 LS dan 116,31 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km timur laut Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 10 km. 
Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Mataram, Lombok Tengah V MMI,Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur IV MMI, Karangasem III MMI  dan Kuta II MMI. 
Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip). Kepada masyarakat di wilayah Lombok Tengah dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
Denpasar, 22 Desember 2018
Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar

Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS
Update Info Gempa Mag:4.5 SR, 22-Dec-18 12:58:26 WIB, Lok:8.56 LS,116.31 BT (15 km TimurLaut LOMBOKTENGAH-NTB), Kedlmn:10 Km, dirasakan di Mataram dan Lombok Tengah IV-V MMI, Lombok Utara dan Lombok Barat IV MMI, Karangsem II-III MMI, Kuta II MMI ::BMKG
Info Gempa Dirasakan : Mag. 3.5 SR, 22-Des-18 10:19:07 WITA, Lokasi : 0.88 LS - 119.82 BT [darat, 6 km arah baratlaut Palu], Kedalaman : 10 km, dirasakan III MMI di Palu; ::BMKG-PCI
Info Gempa Mag: 4.8 SR, 21-Des-18 09:22:21 WIB, Lok: 0.19 LU-119.99 BT (14 km Timur Sabang, Kab. Donggala), kedalaman: 10 km, dirasakan di Parigi II-III MMI, Palu dan Sigi II MMI ::BMKG
Kepala BMKG @dwikoritakarnawati  turut menghadiri Dies Natalis UGM ke-69 yang diakhiri dengan malam Orasi Penerima Anugerah Hamengku Buwono IX di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Acara ini dihadiri langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan MenPUPR sebagai Penerima Penghargaan, hadir pula Menkomar, Mensesneg, Rektor UGM serta tamu undangan lainnya.
#infobmkg 
#diesnatalisugm
Salah satu arahan Kepala BMKG @dwikoritakarnawati bagi generasi milenial di Stasiun Geofisika terkait Inovasi yg perlu dikembangkan saat ini, yaitu:
1. Instrumentasi atau peralatan yg bisa menggantikan produk impor
2. Produk berupa informasi yg menjual atau yg sesuai dengan kebutuhan customer.

#infobmkg
#audiensi
Mencermati peristiwa longsoran yang terjadi di Jalan Raya Gubeng Kota Surabaya dengan kedalaman sekitar 8 meter dan lebar 30 meter, pada tanggal 18 Desember 2018, malam hari sekitar pukul 21.41 WIB maka Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan tanggapan sebagai berikut:
.
1. Berdasarkan informasi peristiwa tersebut, BMKG segera melakukan analisis rekaman data sinyal seismik di sensor seismik terdekat dengan lokasi terjadinya longsoran
.
2. Kejadian longsoran ini ternyata tercatat 2 kali pada sensor seismik BMKG terdekat yaitu sensor PPJI (Prigen Pasuruan Jawa Indonesia) dengan jarak lurus 48 km. Longsoran pertama tercatat pada pukul 21.41.27 WIB dan longsoran ke dua pada pukul 22.30.00 WIB
.
3. Berdasarkan hasil analisis gelombang seismik yang tercatat, diketahui bahwa peristiwa longsoran ini bukan diakibatkan oleh gempa bumi (aktivitas tektonik), hal ini karena: catatan seismik tidak menunjukkan adanya mekanisme penyesaran batuan dan sensor seismik yang mencatat hanya satu sensor di lokasi terdekat longsoran sehingga merupakan aktivitas lokal
.
4. Longsor adalah berpindahnya material secara mendatar, miring dan vertikal yang disebabkan gaya gravitasi, sehingga peristiwa ini lebih tepat disebut sebagai longsoran, bukan likuifaksi, karena tidak ada fenomena mencairnya material tanah di lokasi kejadian.
.
.
Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya
GEMPABUMI TEKTONIK M=4,9 MENGGUNCANG KABUPATEN ACEH BESAR, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Hari Jumat, 21 Desember 2018, pukul 04:12:30 WIB, wilayah Laut Andaman diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,9 terjadi dengan koordinat episenter pada 5,61 LU dan 95,72 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km arah Barat laut Sigli-Pidie, Aceh kedalaman 12 km.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi dirasakan di daerah Pidie II - III MMI, II MMI di Sabang. 
Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hingga pukul 05:18 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Aceh Besar dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.*** Medan, 21 Desember 2018
Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I
Edison Kurniawan, S.Si., M.Si.
Info Gempa Mag:3.7 SR, 18-Dec-18 14:41:42 WIB, Lok:8.44 LS,116.55 BT (8 km BaratLaut LOMBOKTIMUR-NTB),Kedlmn:10 Km, dirasakan di Lombok tengah III MMI ::BMKG-PGR III
Info Gempa Mag:4.6 SR, 18-Dec-18 13:21:14 WIB, Lok:9.02 LS,111.17 BT (93 km Tenggara PACITAN-JATIM), Kedlmn:10 Km, Dirasakan di Trenggalek II-III MMI ::BMKG
Info Gempa Mag: 3.8 SR, 17-Dec-18 16:55:58 WIB, Lok: 0.75 LS - 119.83 BT [17 km utara PALU-SULTENG], Kedlmn: 10 km, dirasakan di Palu III MMI ::BMKG
Kembali lagi bersama saya dan kesempatan kali ini saya bersama dengan seorang Pakar di Bidang Geologi, Bapak Ir. Untung Suryanto, MBA, MSc.

Banyak pelajaran yang saya dapat dari beliau, terlebih hal yang menjadi inspirasi yaitu untuk menjadi seseorang yang sangat menghargai waktu (Insya Allah, sedang belajar untuk lebih tepat waktu). Luar biasa!

Silakan bila ingin bersulnyasakri dapat via DM. Terima kasih.
GEMPABUMI TEKTONIK M5,2 MENGGUNCANG KOTA KOTA GORONTALO, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Hari Sabtu, 15 Desember 2018, pukul 02.27.28 WIB, wilayah Teluk Tomini diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,1 LS dan 122,98 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 70 km arah selatan Kota Gorontalo, Propinsi Gorontalo pada kedalaman 152 km (Update). Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi laut Sulawesi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Teluk Tomini ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault). Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Gorontalo dalam skala intensitas III-IV MMI, Sumalata II-III MMI, serta di Bolaang Mongondow Selatan I-II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 03.15 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** Jakarta, 15 Desember 2018
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG

RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.
GEMPABUMI TEKTONIK M=2.8 SR MENGGUNCANG KABUPATEN WONOSOBO

Hari Jumat, 14 Desember 2018, pukul 20:14:50 WIB, wilayah Kabupaten Wonosobo diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=2,8 terjadi dengan koordinat episenter pada 7.35 LS dan 109.79 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13  km arah Barat Laut Kabupaten Wonosobo (11 km Selatan Dieng) Propinsi Jawa Tengah pada kedalaman 9 km. Guncangan gempa ini dirasakan oleh sebagian warga di Wanayasa Banjarnegara (I SIG atau I – II MMI). Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hingga pukul 20:45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Banjarnegara, 14 Desember 2018.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara

Setyoajie Prayoedhie
Dalam sesi ini kepala BMKG @dwikoritakarnawati menyampaikan bahwa Sekolah Lapang Iklim BMKG bagi Petani dan Nelayan menjadi alternatif solusi untuk peningkatan climate literacy, sebagai salah satu program BMKG yang melibatkan langsung masyarakat agar bisa beradaptasi terhadap perubahan iklim.
"Polandia, 12 Desember 2018"
Info Gempa Mag: 4.7 SR, 13-Dec-2018 11:25:53 WIB, Lok: 2.98 LS-119.33 BT ( 1 Km Tenggara Kec. Balla, Kab. Mamasa, Sulawesi Barat), Kedlmn:  10 km, dirasakan di Mamasa III MMI dan Mamuju II MMI ::BMKG
*GEMPABUMI TEKTONIK M 3.4  MENGGUNCANG LUWU UTARA  SULAWESI SELATAN,  TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI*

Hari Kamis, tanggal 13 Desember 2018 pukul 10:00:10 WITA telah terjadi gempabumi tektonik di daerah Baebunta Luwu Utara – Sulawesi Selatan.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M =3.4 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di darat, 13 Km Timurlaut Kec. Baebunta Kab. Luwu Utara, Sulawesi Selatan, pada koordinat 2.68 LS – 120.29 BT pada kedalaman 10 km. 
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, menunjukkan bahwa gempabumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas Sesar Lokal yang terdapat di wilayah tersebut. Guncangan gempabumi dirasakan di Masamba II MMI. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG.

Makassar, 13 Desember 2018
Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar

Joharman, SH, MM
NIP. 19620415 198403 1 002
Dalam Special Session on Smart and Innovative Solutions on Climate Change -  Paviliun Indonesia, 11 Des 2018 di Polandia, Kepala BMKG @dwikoritakarnawati  menyampaikan Kontribusi BMKG untuk pembangunan kapasitas maritim nasional yaitu tentang Bagaimana integrasi observasi laut dalam menghasilkan layanan prima yang mendukung program #Nawacita.
.
.
#infobmkg
#PemerintahBekerja
#Gempa Mag:5.2, 12-Dec-18 00:20:12 WIB, Lok:1.65 LS,98.65 BT (109 km BaratLaut KEP-MENTAWAI-SUMBAR), Kedalaman:21 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG
Ada yang menyaksikan fenomena awan berbentuk topi di puncak gunung semeru?
.
.
Fenomena tersebut biasa disebut sebagai awan topi yang tampak diam atau disebut CAP CLOUD. Awan ini merupakan awan jenis stratus ( tumbuhnya menyamping), yang melayang di atas atau di atas puncak gunung yang terpisah. Pembentukan awan ini terjadi akibat pendinginan dan kondensasi udara lembab yang dipaksakan naik ke atas karena orografi atau ada gunung  dan di atas puncak gunung. Bentuk lenticular (cekung-cembung) nya dibentuk oleh angin lapisan atas pada arah horizontal.
#awantopi
#capcloud
#awancaping
GEMPABUMI TEKTONIK M 3.8  MENGGUNCANG MAMASA-SULAWESI BARAT,  TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Hari Selasa, tanggal 11 Desember 2018 pukul 21:43:06 WITA telah terjadi gempabumi tektonik di daerah Mamasa – Sulawesi Barat.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M =3.8 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di darat, 7 Km Barat Laut Kec. Pana, Kab. Mamasa, Sulawesi Barat, pada koordinat 3.01 LS – 119.49 BT pada kedalaman 10 km. 
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, menunjukkan bahwa gempabumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas Sesar Saddang. Guncangan gempabumi dirasakan di Mamasa III MMI.. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG.

Makassar, 11  Desember 2018
Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar

Joharman, SH, MM
NIP. 19620415 198403 1 002
Info #Gempa Mag:4.1 SR, 11-Dec-18 08:17:43 WIB, Lok:8.15 LS,116.60 BT (40 km TimurLaut LOMBOKTIMUR-NTB), Kedlmn:10 Km, Dirasakan di Lombok Utara II MMI :: #BMKG
Info #Gempa Mag: 3.8, 10-Des-18 19:19:34 WIB, Lok: 7.96 LS,123.25 BT (50 km Timurlaut FloresTimur - NTT),
Kedlmn: 10 km, Dirasakan di FloresTimur II MMI :: #BMKG
#Gempa Mag:5.2, 10-Dec-18 16:53:59 WIB, Lok:9.20 LS,117.82 BT (79 km Tenggara SUMBAWA-NTB), Kedalaman:56 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG
Info Gempa Mag:5.0, 10-Dec-18 08:26:13 WIB, Lok:0.74 LU,125.39 BT (80 km Tenggara MINAHASATENGGARA-SULUT), Kedlmn:46 Km ::BMKG
Pengamatan hilal bulan Rabiul akhir berhasil teramati. Geser slide untuk melihat penampakan hilal yang berhasil diamati oleh pengamat-pengamat BMKG diatas.
.
.
Hilal aja diamatin tiap bulan, kamu kapan mastiin dia bakal jadi yang halal...
:::: BMKG :::: BMKG :::: BMKG ::::
TELAH TERJADI GEMPA BUMI DENGAN PARAMETER SEMENTARA SEBAGAI BERIKUT:

Kekuatan : 5.0 SR
Tanggal : 08-Dec-2018
Waktu Gempa : 11:02:10 WIB
Lintang : 4.12 LS
Bujur : 101.54 BT
Kedalaman : 14 Km

Lokasi:
Southern Sumatra, Indonesia

Keterangan: 
87 km BaratDaya BENGKULU-BENGKULU
105 km BaratDaya BENGKULUTENGAH
106 km BaratDaya BENGKULUUTARA
107 km BaratDaya TLNGBAWANGBARAT-LAMPUNG
629 km BaratLaut JAKARTA-INDONESIA

Informasi Tsunami :

Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI :::: BMKG :::: BMKG :::: BMKG ::::
Berikut 18 titik pengamatan hilal bulan rabiul akhir 1440 H yang dapat disaksikan secara live streaming melalui www.bmkg.go.id/hilal esok hari
.
.
Gak usah di zoom petanya, yang halal tetap gk akan keliatan.
#hilalinaja
#infobmkg
#rabiulakhir
*GEMPABUMI TEKTONIK M5,0 MENGGUNCANG KABUPATEN SUKABUMI, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI*

Hari Jumat, 7 Desember 2018, pukul 06.43.18 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempabumi tektonik. Hasil pemutahiran BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,21 LS dan 105,84 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 81 km arah barat Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat pada kedalaman 45 km.

Gempabumi di Selatan Jawa ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi berkedalaman dangkal ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik ( thrust fault ). Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di pelabuhan ratu dan pandeglang II-III MMI . Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 07.25 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** Jakarta, 7 Desember 2018
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG

RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.
Shakemap dan update Info Gempa Mag:5.7, 06-Dec-18 08:02:46 WIB, Lok:8.37 LS,116.06 BT (23 km BaratLaut MATARAM-NTB), Kedlmn:10 Km, dirasakan di Lombok Utara VI MMI, Lombok Barat dan Mataram V MMI, Lombok Tengah dan Lombok Timur IV MMI, Denpasar III-IV MMI, Jimbaran, Tabanan, Nusa Dua dan Sumbawa III MMI, Karangasem, Singaraja dan Kuta II-III MMI ::BMKG
Info Gempa Mag:5.7, 06-Dec-18 08:02:46 WIB, Lok:8.37 LS,116.06 BT (23 km BaratLaut MATARAM-NTB), Kedlmn:10 Km, dirasakan di Mataram dan Denpasar III-IV MMI::BMKG
*Gempabumi Mengguncang wilayah Kendari, Sulawesi Tenggara* 
Gempabumi tektonik mengguncang wilayah Barat Daya Kendari - SULTRA pada hari Rabu tanggal 05 Desember 2018. Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa berkekuatan M=2.4 terjadi pada pukul 21:58:18 WITA dengan episenter 4.12 LS – 122.54 BT sekitar 19.6 Km Barat Daya Kendari – Sulawesi Tenggara dengan kedalaman 9 km. 
Berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan sedang dirasakan di wilayah Wua-wua, Kota Kendari dalam skala intensitas II MMI. Di daerah ini goncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang. Hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Terkait dengan peristiwa gempabumi di wilayah Kendari ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 22:45 WITA, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di wilayah Kendari-Sulawesi Tenggara.

Demikian Informasi awal yang dapat kami sampaikan. 
Kendari, 05 Desember 2018 
Rosa Amelia,S.Si 
Kepala Stasiun Geofisika Kendari
Info Gempa Mag: 3.1 SR, 05-Dec-2018 21:26:04 WITA, Lok: 2.99 LS-119.45 BT (Terjadi di darat pada 5.61 Km Timur Laut Kec. Tawalian, Kab. Mamasa, Sulawesi Barat), Kedlmn:  6 km, dirasakan di Mamasa II MMI ::BMKG
Info #Gempa Mag:5.3, 05-Dec-18 16:13:55 WITA, Lok:4.27 LU,126.28 BT (54 km BaratLaut KEP-TALAUD-SULUT), Kedlmn:67 Km Dirasakan II MMI di Tahuna TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI::#BMKG
Selain mengamati Cuaca, gempabumi, Iklim dan Kualitas Udara, BMKG juga memiliki Tugas dan Fungsi untuk memberikan pelayanan data tanda waktu dalam penentuan awal bulan Hijriah, dengan kata lain BMKG tiap bulan melakukan pengamatan hilal, yang kamu bisa saksikan melalui live streaming di www.bmkg.go.id/hilal/.
.
.
Ingat yah yang diamatin Hilal, BMKG tidak mengamati siapa yang akan halalin kamu...
#hilalinaja
#rabiulakhir
#infobmkg
Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) kembali menyelenggarakan Anugerah Media Humas (AMH) untuk kali ke-13 . Kementerian Komunikasi dan Informatika selaku induk dari Bakohumas memberikan apresiasi kepada Humas berprestasi di tingkat Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah, BUMN, dan PTN.

Kegiatan Bokuhumas ini merupakan rangkaian dari kegiatan Sinergi Aksi nformasi dan Komunikasi Publik (SAIK) tahun 2018 yang dibuka oleh Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko.

Moeldoko mengutarakan bahwa untuk mencapai tujuan pembangunan Indonesia yang berarti perlu membutuhkan Quantum Development. Dalam hal ini, lanjutnya perlu dilakukan humas pemerintah untuk bersinergi dan berkoordinasi untuk mencapai lompatan inovasi. "selama ini, Kementerian/ Lembaga masih berjalan sendiri-sendiri sesuai dengan tugas pokok mereka masing-masing", ujar Moeldoko. Tentunya, ini perlu dirombak untuk mencapai inovasi sosial sehingga nantinya dapat meningkatkan kompetensi 4.0.

Sementara Dirjen Informasi dan Komunikasi Kemenkominfo, Niken Widiastuti mengatakan pemberian anugerah kepada insan humas ini bertujuan untuk meningkatkan kohesivitas organisasi humas pemerintah agar bermanfaat bagi masyarakat.

Anugerah Media Humas merupakan supremasi tertinggi bagi insan Humas yang menjadi acara tahunan dibawah komando Kemenkominfo. Pada tahun ini Kementerian Keuangan kembali menyabet juara umum humas terbaik pada AMH 2018. Untuk kategori pelayanan informasi melalui internet (website) kategori pemerintah daerah, juara umum disabet oleh Kota Tangerang disusul Kabupaten Bojonegoro dan Kota Bandung.

Selain penghargaan untuk bidang kehumasan, AMH pun memberikan penghargaan bagi stand pameran terbaik. Kementerian Sekretariat Negara menyabet penghargaan stand terbaik. Disusul kemudian stand terfavorit diraih oleh Kementerian Pariwisata, stand dekorasi terbaik diraih oleh Kementerian Perhubungan, Stand pelayanan terbaik diraih oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Stand Terinovatif diraih oleh BMKG.
Sore sob, sebelum kenalan sama mimin, kenalan sama salah satu Maskot BMKG dulu yuk, namanya "Mega". Yang mau kenalan sama Mega bisa datang langsung ke Lapangan Ahmad Yani Tangerang dalam acara Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi BAKOHUMAS yang diselenggarakan 2-4 desember 2018
.
.
Selain kenalan dengan MEGA kamu juga bisa  Melihat produk-produk, peralatan, dan informasi yang dimiliki BMKG dalam bentuk game dan animasi .
#bakohumas 
#infobmkg
#SAIK
Sebelum kembali ke Indonesia Kepala BMKG @dwikoritakarnawati bertandang ke salah satu Local Agency Japan Meteorological Agency yang ada di Kyoto Prefecture.
.
.
Silaturahim ini dimaksudkan untuk melihat ruang observasi dan forecasting (prakiraan)  serta mempelajari peralatan-peralatan yang dipasang disana. Selain itu BMKG juga sharing tentang pengelolaan SDM dan upaya serta terobosan untuk meningkatkan dan menguatkan kerjasama dan komunikasi dengan publik yang diterapkan disana.
.
.
#infoBMKG
#JapanMeteorologicalAgency
GEMPABUMI TEKTONIK M=6,5 MENGGUNCANG KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Hari Sabtu, 1 Desember 2018, pukul 20.27.22 WIB, wilayah Laut Banda diguncang gempabumi tektonik. 
Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=6,5. 
Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,54 LS dan 128,71 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 261 km arah timur Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Propinsi Maluku pada kedalaman 152 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi Banda. 
Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Banda ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (Thrust). Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Kota Tiakur-MBD dengan skala intensitas III-IV MMI, Saumlaki-MTB III MMI, Soe dan Atambua-NTT III MMI, Ambon II MMI,  Kalabahi-NTT I-II MMI. 
Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 
Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 20.40 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*** Jakarta, 1 Desember 2018

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG

RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.
:::: BMKG :::: BMKG :::: BMKG ::::
TELAH TERJADI GEMPA BUMI DENGAN PARAMETER SEMENTARA SEBAGAI BERIKUT:

Kekuatan : 6.5 SR
Tanggal : 01-Dec-2018
Waktu Gempa : 20:27:20 WIB
Lintang : 7.66 LS
Bujur : 128.83 BT
Kedalaman : 162 Km

Lokasi:
Banda Sea

Keterangan: 
275 km TimurLaut MALUKUBRTDAYA
281 km BaratDaya MALUKUTENGGARABRT
450 km Tenggara AMBON-MALUKU
466 km TimurLaut BELU-NTT
2450 km Tenggara JAKARTA-INDONESIA

Informasi Tsunami :

Gempa ini TIDAK berpotensi TSUNAMI :::: #BMKG :::: #BMKG :::: #BMKG :::: #Gempabumi
Kepala BMKG @dwikoritakarnawati bersama bapak menteri @kemenpupr melakukan Kunjungan ke Yamaguchi Earth Dam yang dibangun di Saitama Prefecture pada tahun 1934, yang berfungsi menyediakan supply air bagi penduduk kota Metropolitan Tokyo. Pemerintah Metropolitan Tokyo membeli lahan di Saitama Prefecture khusus untuk membangun Dam tersebut. 
Pada tahun 1995 setelah gempa di Kansai, Dam ini diperkuat dengan Sistem Reinforcement menggunakan timbunan tanah, untuk meningkatkan kekuatan Dam tersebut sesuai dengan skenario kekuatan potensi gempa masa depan.
Keamanan Dam terhadap ancaman bahaya gempabumi juga terus dipantau melalui 4 seismometer dan akselerometer untuk deteksi kegempaannya, dan piezometer utk mengukur kenaikan volume air Dam yang dipicu oleh getaran gempa.
Seluruh sistem pemantauan dan operasionalnya dilakukan oleh Pemerintah Metropolitan Tokyo.
#infoBMKG 
#BikinIndonesiaMaju
Sosialisasi dan Simulasi #Gempabumi di SD Al-Azhar Kelapa Gading tanggal 8 November 2018
#SiagaBencana 
#siapuntukselamat
Bagaimana dengan gempa #palu ?
Hingga saat ini masih ada gempa-gempa susulan dengan instensitas yang semakin menurun. Total kejadian #gempa susulan hingga 9 November 2018 sebanyak 830 event.
#paluBangkit
#infobmkg
Jakarta, (7/11). Rabu pagi, di lapangan sekolah Al-Jannah diramaikan beberapa kegiatan dalam rangka hari jadi Al-Jannah yang ke-17. Mereka pun melibatkan BMKG pada rangkaian kegiatan. Tim Humas BMKG, Dwi Rini Endra Sari, Pranata Humas Ahli dan Irma, PMG Ahli pun andil dalam kegiatan hari jadi Al-Jannah yang ke-17 pada kegiatan talkshow dan simulasi gempa bumi.

Pada kegiatan talkshow yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini diikuti para pelajar SMP-SMA dari beberapa negara ASEAN, dan pelajar dari sekolah Alam yang berada di wilayah Jabodetabek, serta dihadiri para Kepala Sekolah, Ketua Yayasan Musdalifa, dan dari Dinas Pendidikan. Dwi Rini yang sering disapa Ririn menjadi pembicara pada kegiatan talkshow pagi itu.
Para peserta sangat antusias mendengarkan apa yang dipaparkan Ririn terkait dapur BMKG, cuaca, iklim, gempabumi, dan tsunami. "Kejadian Gempabumi di Palu yang terjadi beberapa waktu lalu, menyadarkan kita bahwa wilayah Indonesia rawan gempabumi dan tsunami karena dilalui 3 lempengan dunia, Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik serta terdapat beberapa sesar aktif, "imbuh Ririn. Ia menekankan berkali-kali bahwa gempabumi belum dapat diprediksi, tetapi tsunami dapat diprakirakan setelah lima menit. Bahkan, 3 menit setelah terjadi gempabumi berkekuatan besar.

Talkshow ini semakin seru karena terdapat sesi tanya-jawab dari para peserta, dan yang tidak ketinggalan siapa yang aktif dan benar menjawab mendapatkan hadiah yang menarik. "Saya pernah merasakan gempabumi saat itu saya sedang tidur di rumah, saya terkejut dan langsung lari keluar rumah, "kata seorang murid saat menceritakan pengalamannya pada kejadian genmpabumi.

Sementara siswa kelas 1-4 SD Al-Jannah mengikuti kegiatan simulasi gempabumi yang diarahkan dan dibimbing oleh Irma. Ia menjelaskan apa yang harus dilakukan saat terjadi gempabumi. 'Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan edukasi literasi bagi siswa tingkat SD-SMA untuk mengenali bencana alam sehingga dapat menyadarkan para siswa bahwa Indonesia rawan bencana alam, "ujar Dewi , seorang guru SMA Al-Jannah selaku ketua penyelenggara.
#bmkggoestoschool 
#PemerintahBekerja
Tindak Lanjut sidang kabinet paripurna terkait evaluasi penanganan bencana alam.
.
.
BMKG pusat, 16 Oktober 2018
Rapat ditutup pukul 22.30 WIB. 
Mohon doanya 🙏
#PemerintahBekerja
#BMKG
Senin, 15 Oktober saya menggelar konferensi pers terkait potensi terjadinya banjir bandang di sejumlah wilayah di Indonesia menyusul semakin meningkatnya curah hujan. Wilayah rawan banjir bandang untuk periode 1 minggu ke depan, berturut-turut yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.
.
.
Wilayah tersebut rentan karena berada di sekitar zona tektonik aktif yaitu di kaki perbukitan struktural yang curam dan berbentuk memanjang.
.
.
Sejumlah tanda-tanda, bisa menjadi alarm peringatan dini terjadinya banjir bandang. Diantaranya pertama, air sungai yang tiba-tiba berwarna keruh atau mengalir bersama lumpur, pasir, dan bahkan disertai ranting-ranting kayu. Kedua, kadang disertai kenaikan muka air sungai sekitar 10 - 20 centimeter. Dan ketiga, cuaca di pegunungan atau  perbukitan hulu sungai terlihat mendung atau berawan tebal. .
.
Apa yang harus dilakukan utk antisipasi terjadinya banjir bandang :

1) segera tinggalkan lembah atau bantaran sungai bila terlihat tanda-tanda /gejala seperti 3 poin di atas.

2) Perlu dilakukan inspeksi di hulu sungai, untuk melacak adanya endapan-endapan longsor di hulu sungai.
Endapan tersebut perlu segera ditangani agar tidak terakumulasi membendung sungai dan akhirnya jebol meluncur ke bawah saat hujan ekstrem terjadi.
#infobmkg 
#BMKG
Sobat sekalian sudah nonton video InaTEWS yang mimin share kan...?
.
.
Sobat sekalian pasti melihat dong, salah satu tahap dalam peringatan dini tsunami adalah pengaktifan sirine.
.
.
Nah.. beginilah susana pengujian sirine tsunami yang rutin dilakukan pada Tanggal 26 setiap bulannya dilokasi-lokasi yang telah terpasang sirine tsunami. Pengujian ini bertujuan untuk memastikan bahwa Sirine yang dapat didengar hingga 2 km ini berfungsi dengan baik.
Jadi sobat sekalian mari sama-sama menjaga peralatan ini demi keselamatan kita bersama. Kabel-kabelnya jangan dijadiin tali jemuran. Besi-besinya jangn dikiloin dan jangan dijadiin objek vandalism. Ok sob 👌
.
.
Dah gitu aja info untuk hari ini, besok Kita lanjut lagi sharing informasinya sob...
#infoBMKG 
#sirinetsunami
#InaTEWS 
#dahgituaja
Selamat sore sobat BMKG !!!
.
.
Kali ini mimin mau share informasi menarik tentang Indonesia Tsunami Early Warning System (Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia) yang dibangun sejak 2006 dan diresmikan tahun 2008 oleh Presiden RI ke-4, Bapak Dr. Susilo Bambang Yudhoyono.
Bagi sobat yang belum tahu, sistem ini terus dikembangkan hingga saat ini telah memiliki 18.000 permodelan tsunami. Dengan kecanggihan sistem berbasis informasi 4.0 yang memanfaatkan artificial intelligence untuk membantu pengambilan keputusan, pada saat gempa donggala berhasil memberikan peringatan dini tsunami di teluk palu.
.
.
Seperti apa prinsip kerjanya? Yuk simak videonya.
Kalau gelombang tsunami bisa dideteksi oleh InaTEWS. Gelombang cinta kamu biar mimin aja yang deteksi... Yhaaaaa 😄...
#infoBMKG 
#InaTEWS
#EdukasiKegempaan
CENAYANG DUNIA MAYA VS BMKG
Hello what’s up Guys!!! Buat kamu-kamu yang selama ini sering banget dapat informasi-informasi gak jelas a.k.a HOAXXX tentang prediksi gempa bumi dan akhirnya panik trus bikin visa  kabur ke Wakanda.😆 O EM JI !!!
Hellooo….. udah gak jaman kali!!!
Daripada percaya informasi hoax, mending pantau informasi dan arahan resmi dari link-link pemerintah yang datanya valid dan akurat  dari BMKG, karena  operator BMKG selalu melototin layar memantau seluruh kejadian gempa di Indonesia 24 jam (sobat sekalian bisa liat pada foto diatas sob). So… masih mau percaya ama cenayang dunia maya yang  gak jelas melototin apa?! 😎
#lawanHOAX
#infoBMKG
#PemerintahBekerja
#KerjaBerdampak
#BikinIndonesiaMaju
Wisuda Sarjana Terapan 2018 STMKG.
📅 : Kamis, 4 Oktober 2018.
🏢 : Auditorium BMKG.
#stmkg #bmkg
Karna semua yang baik dalam hidupku itulah karya-Mu. Terima kasih Yesus. 💚
Happy birthday and happy graduation @fadhakim ❤️😊
Wish you all the best, officially S.Tr
.
.
.
#graduation #happybirthday #stmkg
Bangga bisa menjadi bagian dari kalian STMKG 2013, APTA BHAKTI MADYANTARA #rigalasjaya #geof49 #stmkg2013
Sobat Instagram terkece, #BMKG membuka 100 lowongan formasi jabatan CPNS nih. Siapa tahu ada yang mau jadi rekan mimin di BMKG.
Khusus yg ingin jadi partner mimin @infoBMKG selain lulus administrasi, SKD, dan SKB. Satu lagi yg harus dimiliki; jangan baperan dan bermental kuat menghadapi respon warganet 😎
Kamu tertarik? Geser kekiri untuk lihat formasinya.
#infoBMKG 
#penerimaancpns2018 
#seleksicpns2018
Pagi guys, 
Setelah mengecek peralatan di lembang dan membuka pre-course, kunjungan kepala BMKG di Bandung dilanjutkan dengan audiensi bersama pegawai stasiun Geofisika Bandung.
#infoBMKG 
#BMKG
#stageofBandung
Info Gempa Mag:5.1, 21-Aug-18 08:09:24 WIB, Lok:8.44 LS,116.94 BT (42 km TimurLaut LOMBOKTIMUR-NTB), Kedlmn:10 Km dirasakan di Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Mataram dan Lombok Barat II SIG-BMKG (III MMI), Lombok Tengah I SIG-BMKG (II MMI) ::BMKG
Malam guys, bagi yang kelewatan pers conferencenya tadi, nih mimin kasih rangkumannya biar pada dibaca yah. 😌, dibaca yah biar lembur bagai qudanya bapak-bapak dan ibu-ibu BMKG gak sia sia Hehe 😉.
Keep safety dan pantau terus informasi dari kami. #bmkg #bmkg71
Info Gempa Mag:4.8 SR, 16-Jul-18 06:48:51 WIB, Lok:8.89 LS,115.38 BT (25 km BaratDaya KLUNGKUNG-BALI), Kedlmn:111 Km, Dirasakan di : Denpasar II SIG BMKG (III MMI), Nusa Dua II SIG BMKG (III MMI), Mataram II SIG BMKG (III MMI) :BMKG-PGR III #gempa #bali #earthquake
[Jalan-jalan ke Kantor Mas Hendra]
.
.
Kebetulan pas lagi ada Bazar Jajanan di BMKG pusat dalam rangka memperingati HMKG... .
.
.
#MasHendra #SiCantik
Prospek cuaca 3 harian dan prakiran cuaca untuk hari ini. Selamat beraktifitas sobat bmkg.
Info Gempa Mag:5.2 SR, 09-Jul-18 02:46:38 WIB, Lok:5.88 LS,103.43 BT (94 km BaratDaya PESISIRBARAT-LAMPUNG), Kedlmn:10 Km, dirasakan di Liwa I-II SIG-BMKG (II-III MMI) ::BMKG
Selamat pagi #sobatbmkg #sobatcuaca . Ada yang sudah menyusun rencana liburan bersama keluarga, teman-teman dan orang-orang terdekat akhir pekan ini? 
Jangan lupa pantau prakiraan cuaca melalui aplikasi mobile infobmkg yang bisa didownload melalui playstore maupun appstore. Pantau juga melalui sosial media resmi BMKG.

Untuk wilayah yang masuk pada daftar di gambar pertama hati hati yah sobat karena wilayah tersebut berpotensi mengalami hujan lebat bahkan berpotensi disertai angin kencang dan petir. Jangan lupa disiapkan jas hujan maupun payungnya, serta siapkan jaket hangat atapun makanan yang dapat menghangatkan tubuh anda. Jangan lupa selalu tersenyum dan selamat beraktifitas. #prakiraancuaca #infobmkg #bmkg
Masih ingat dengan munculnya siklon cempaka dan flamboyan bebrapa bulan lalu? Sobat sekalian tahu gak sih apa dampak dari munculnya sebuah siklon disuatu wilayah? Ternyata dampaknya terbagi menjadi dampak langsung dan dampak tidak langsung. Untuk lebih jelasnya geser kiri gambar diatas yah #belajar #siklon #indonesia #bmkg
Selamat pagi #sobatbmkg #sobatcuaca, bagaimana kabar sobat hari ini? Mudah-mudahan selalu sehat dan diliputi kebahagiaan yah.

Untuk menambah indahnya harimu yuk lihat prakiraan cuaca hari ini melalui aplikasi mobile infobmkg dan sosial media infobmkg.

Selamat beraktifitas #prakiraancuaca #indonesia
Telah terjadi gempa bumi dengan parameter sbb:

Kekuatan : 6.0 SR
Tanggal : 03-Jul-18
Waktu Gempa : 16:59:55 WIB
Lintang : 5.77 LU
Bujur : 125.22 BT
Kedalaman : 77 Km

Lokasi:
Mindanao, Philippines

Keterangan: 
240 km BaratLaut KEP-SANGIHE-SULUT
253 km BaratLaut KEP-TALAUD-SULUT
381 km BaratLaut SIAUTAGULANDANGBIARO-SULUT
479 km TimurLaut MANADO-SULUT
2436 km TimurLaut JAKARTA-INDONESIA

Evaluasi:

Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI
Pakaian lebaran nggak harus baru. Apasih arti pakaian baru?. Han Solo aja keliling luar angkasa pakai celana training (tidak ganti sejak 1977-2015)
Conggraduation Ejak!!! 👏🏻👊💪👨🏽‍🎓
Turut bangga menjadi salah satu Taruna lulusan terbaik. 👍👍👍
#Repost @noviraismih with @repostapp
・・・
Gladi Bersih Wisudawan Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tahun 2015/2016👮
International Workshop on Biomass Burning.