Browse Instagram content with Pikram.com

@rarasekar

Rara Sekar

rarasekar

👩🏻‍🌾 Vegetable gardener #rarabenhomegarden 🎼 Musician, sometimes 📝 Researcher, most of the time 📷 Mentor @arkademyproject 🎙 #BenangMerahPodcast

Check story of Rara Sekar

Mrs. Steal Your Boy 🙄
_
#🐶fuko
A weekend well spent. Bogor, 2019.
Babi anjing atau anjing babi? Dengan kalung baru buatan mamafuko 😌
_
#🐶fuko
Belakangan isu sampah dan gaya hidup minim sampah menjadi topik yang mengemuka di masyarakat. Dampak dari sampah akhirnya menarik perhatian kita setelah persoalannya menjadi sangat visual: ingat sampah kita ingat paus yang terdampar di Wakatobi di mana tubuhnya berisi 5,9 kg sampah plastik, kuda laut membawa cotton bud di kedalaman Laut Sumbawa atau gunung sampah di belakang rumah maupun di Bantar Gebang. Semua perlahan membekas menjadi perasaan bersalah. 
_
Namun, seberapa parah sih permasalahan sampah kita? Siapa yang sebenarnya bertanggungjawab untuk persoalan sampah di Indonesia? Apakah dengan membeli sedotan besi kita sudah laik disebut pahlawan lingkungan? Bagaimana kita bisa turut andil dalam mengurangi volume sampah secara signifikan dan berkelanjutan? 
_
Di #BenangMerahPodcast kedua, kami membahas isu sampah, plastik, isu kesenjangan dan zero waste bersama Yobel, Eliza, Vani (dan Ihsan yang cuma numpang ketawa 😂) di @ypbbbandung. Kami memilih mewawancarai mereka, karena sebagai organisasi, mereka telah banyak bergerak di perubahan kebijakan terkait pengelolaan sampah khususnya di Bandung. Mereka juga sudah menginisiasi gerakan minim sampah yang sangat menarik yaitu Zero Waste Cities, yang melampaui feel-good activism di level individu dan berfokus pada edukasi dan perubahan sistem pengelolaan sampai di tingkat kelurahan, kabupaten dan kota.
_
Di episode ini, teman-teman juga bisa mendapatkan tips sederhana bagaimana kita bisa mengurangi sampah dari rumah, mendukung/mereplikasi inisiatif-inisiatif yang baik dan ramah lingkungan, dan mengadvokasi kebijakan yang peduli dengan pengelolaan sampah di pemerintahan daerah maupun pusat. Tautan ke referensi sudah kami cantumkan lengkap di anchor.fm/benangmerah. Oya, podcast kami selalu berdurasi 1-1,5 jam jadi paling cocok didengarkan di perjalanan-perjalanan panjang. Selamat mendengarkan! ✨
Pada akhirnya, segala yang kita genggam akan lepas juga. Mungkin dalam hidup yang singkat ini, yang niscaya bukan memiliki. Tapi melepaskan itu sendiri. 🖤
_
Mendukung dengan sepenuh hati segala yang sedang dikaryakan @lepaswear. Semoga bisa selalu jadi pengingat agar kita ramah pada diri, sesama dan lingkungan.
_
📷: @benlaksana
The first season of #rarabenhomegarden. 👨🏻‍🌾👩🏻‍🌾
Akhirnya, workshop @arkademyproject hadir kembali! Jangan sampai terlewat, dan simak informasi lengkapnya di poster dan di bawah ini:
_
Kosongkan jadwalmu 13-14 April ini karena kami akan mengadakan RANA (Reflective and Narrative) photoworkshop edisi Bogor! Sebuah workshop yang menggali potensi dari refleksi diri seorang fotografer berdasarkan karya-karya fotografi yang sudah dibuat sebelumnya dengan metode diskusi dan penyuntingan. Workshop ini cocok buat siapapun yang ingin mendalami cerita fotonya secara reflektif dan kritis.
__
MENTOR: 
1. @rarasekar
2. @yoppy.pieter
3. @mfimages
4. @benlaksana
__
METODE RANA
1.	Rara Sekar dan Ben K.C. Laksana akan memfasilitasi peserta pada sesi REFLECTIVE untuk membawa peserta mengkritisi ide dan gagasan utama yang melandasi karya mereka masing-masing.
2.	Pada sesi NARRATIVE, Muhammad Fadli dan Yoppy Pieter akan memandu peserta dalam membangun narasi visual melalui metode penyuntingan gambar berdasarkan deskripsi yang mereka buat pada sesi REFLECTIVE.
__
JADWAL:
Sabtu & Minggu, 13-14 April 2019
Pukul : 10:00 – 17:00 WIB
LOKASI:
Kota Bogor
Investasi : Rp 600.000.
_
PESERTA dan BEASISWA:
Terbatas hanya untuk 10 peserta + 2 beasiswa untuk peserta dengan portfolio terbaik. 
__
SYARAT DAN KETENTUAN:
1. Terbuka untuk semua penggiat fotografi (hobi dan professional).
2. Untuk mendaftar, kirimkan 1 buah portfolio sebanyak 15 foto dalam bentuk jpg. Penamaan file dengan format nomer_fotografer (Contoh : 01_RaraSekar , 02_RaraSekar) dan dimensi terpanjang 1200px quality 12.
3. Lengkapi portfolio dengan judul dan narasi teks photo story maksimal 2 paragraf di dalam file Word.
4. Mengirimkan biografi singkat terdiri dari nama lengkap, alamat, domisili, usia dan motivasi mengikuti workshop. 
5. Apabila peserta mendaftarkan diri untuk beasiswa, harap dicantumkan juga di dalam biografi.
6. Seluruh file portfolio, narasi, dan biografi dirangkum dalam ZIP
7. File ZIP dikirim ke: arkademyproject@gmail.com 
8. Batas akhir pendaftaran: 7 April 2019 pukul 23:55 WIB.
9. Pengumuman peserta RANA Bogor: 8 April 2019
_
Info lebih lanjut? DM @arkademyproject atau hubungi Lilo via Whatsapp: 081290810110. #ranaphotoworkshop
“Ini bukan lagu tentang Bento tentang Bongkar...”
_
📷: @anandasurio
Bisa ‘bersenyawa’ dengan musisi legendaris yang energinya begitu besar & hangat seperti matahari, adalah sebuah kesempatan yang tak bisa kugambarkan dengan kata-kata.
_
Beribu kasih untuk Oom @iwanfals, @cikal, Tante Yos, band dan semua tim produksi #KonserAkuCinta, musisi-musisi yang turut meramaikan semalam @jasonranti @endahwidiastuti @rhesa_aditya @sid_official, dan terutama keluarga @daramudaproject yang kusayangi @deadpixxl @dikakrebo @bintangbekti @sandi_simon @benlaksana @lafagreen @anandasurio @rezkafria @andifa_ ❤️ _
Terima kasih. Sejahtera, bahagia, selalu.
Udah beberapa tahun ke belakang, rasa-rasanya Jogja udah jadi rumah keduaku. Jogja udah jadi tempat di mana aku tumbuh dan bertemu dengan teman-teman baru yang pada akhirnya menjadi teman baik hingga saat ini. Lalu… Pada suatu sore di sebuah kedai kopi yang ACnya bikin masuk angin, ngobrol-ngobrolku sama @matisyahdu yang biasanya sarat wacana dan keinginan fana tiba-tiba membuahkan sebuah rencana: #fadejourneyxrarasekar. Sebuah kecintaan terhadap perjalanan yang bertemu dengan keinginanku untuk bertemu teman baru, mendapat pengetahuan baru, mengalami hal-hal baru sambil berbagi cara aku mengalami Jogja. Coba cek kalendermu: 19-21 April 2019. Kalau kosong dan sedang rindu Jogja, bolehlah kita jalan-makan-ngobrol-liat kebun-bermusik tipis bareng. Semoga juga dalam perjalananya, kita bertemu calon kawan baik, makanan kesukaan dan juga memori-memori baru. 🖤
———
@fadejourney X RARASEKAR present JOGJOURNEY 19-21 April 2019 (3D2N Open Trip)

Halo teman-teman travelwan travelwati! Setelah sekian lama Fadejourney akhirnya bikin open trip lagi nih.  Destinasi seri kali ini yaitu Jogjakarta. Siapa sih yg blm pernah ke Jogja? Sudah pasti pernah kan 😌 Tapi kita nawarin konsep sedikit baru di sini yang mungkin sayang buat kalian lewatkan. Terutama buat kalian yang mengagumi dan mengidolakan Rara Sekar. Karena selama trip berlangsung kalian akan dipandu langsung oleh Rara Sekar. Gimana gimana?
———
Bonusnya adalah akan ada sesi akustik di sela-sela piknik santai, berbagi kisah dan pengalaman, mini workshop (apapun) bahkan peserta juga bisa unjuk bakat, dan akustikan santai di alam liar. Kalian bisa menanyakan apapun sama Rara Sekar, dari proses berkreasi, atau hal hal tentang kehidupan/kematian selama trip. Tinggal satu homestay, sarapan bareng, makan malem bareng, dan masih banyak lagi.
———
Penasaran Tripnya bakalan kaya gimana? Yang jelas kalian akan diajak ke tempat tempat favorit Rara di Jogja, dari kuliner favoritnya sampai tempat wisata wisata yg ciamik, absurd dan mungkin sedikit liar. Gas? GASSS! Jadi... Jogyes/Jogno?
———
Konfirmasi :

Pepi
Whatsapp: 087739370171
Email: ask.fade@gmail.com
Di episode pertama Benang Merah yang sangat pendek ini (cuma 1,5 jam), kami mewawancarai @roythaniago, seorang peneliti dan juga pendiri lembaga studi dan pemantauan media @remotivi.or.id. Roy juga seorang dosen dan aktivis yang mendalami isu media dan isu-isu terkait marjinalitas dan etnisitas. Terlebih, buat kami, ia adalah seorang kawan baik yang kami kagumi pemikiran, karya dan aktivismenya.
_
Di episode ini kami ngobrol banyak tentang penelitian S2 Roy terkait "pendisiplinan Tionghoa" (Disciplining Tionghoa: Critical Discourse Analysis of News Media During Indonesia's New Order) yang, berdasarkan risetnya, dipengaruhi oleh sistem pengetahuan dominan yang hadir di media.
_
Cina atau Tionghoa? Bagaimana bahasa membentuk persepsi kita terhadap satu kelompok tertentu? Seberapa jauh bahasa digunakan sebagai alat kekuasaan yang seringkali diskriminatif? Seberapa besar pengaruh Soe Hok Gie dalam hidup Roy? Apabila pendisiplinan dan ragam bentuknya masih hadir di antara kita sampai hari ini, adakah celah pada kekuasaan yang begitu dominan? Di mana Roy, sebagai aktivis yang selalu berusaha untuk memperjuangkan keadilan untuk kelompok minoritas, mencari harapan? Kenapa potongan rambut Roy seperti itu? Ini hanya sedikit dari begitu banyak pertanyaan yang coba kami jelajahi di dalam episode ini, yang direkam dalam keadaan santai di sebuah kedai kopi di selatan Jakarta. Semoga saat mendengarkan, teman-teman bisa merasa sedang bersama kami pada saat itu. ✨
_
#BenangMerahPodcast sudah bisa didengarkan di Spotify, Anchor, Google Podcasts, dll. iTunes menyusul, dan tidak tersedia di Soundcloud. Selamat mendengarkan!
_
Salam, 
Ben & Rara
Pertama kali ketemu @peekme.naturals tahun lalu, kami bersepakat ingin membuat sesuatu terkait well-being. “Tapi ra, aku ga mau kolaborasi kita endorsement bentuknya.” Wow senangnya! Jarang sekali rasanya bertemu tawaran seperti ini, yang membolehkan aku terlibat sebuah kolaborasi yang mengeksplorasi hal-hal yang ga melulu tentang jualan haha.
_
Akhirnya, Arlin dan aku tibalah pada sebuah insiatif kecil-kecilan bernama: #LingkarHidup, sebuah komunitas yang merayakan kehidupan dengan cara peduli pada isu-isu kesehatan, kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat yang selaras dengan alam. #LingkarHidup akan berbentuk serangkaian diskusi/presentasi/talkshow rutin yang mengangkat topik-topik seputar: wellness, mental health, mindfulness, pola hidup sehat dan selaras dengan alam, keluarga dan bagaimana mencipta hubungan2 yang bermakna.
_
Di #LingkarHidup yang pertama, kami ingin membuka ruang diskusi tentang bagaimana sih kita bisa sehat dan bahagia di kota? Bagaimana kita bisa menavigasi kehidupan di tengah tuntutan pekerjaan, karir, dan vokasi masing-masing, sambil tetap bisa menjaga batin agar tetap sehat? Pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas seputar:
- Bagaimana kita bisa membicarakan isu depresi dan wellbeing di tempat kerja?
- Apa saja tantangan masyarakat kota yang berdampak pada kesehatan mental (peer pressure, sosial media, pencitraan, harus terlihat bahagia, dll)?
- Ke mana kita dapat mencari bantuan profesional maupun alternatif, saat butuh?
- Bagaimana kita bisa membantu orang terdekat kita yang mengalami stress/depresi/tekanan mental?
- Komunitas atau support circles apa saja yang ada di Jakarta?
_
Kami sangat mengharapkan kehadiran teman-teman juga komunitas yang bergerak di bidang terkait untuk turut berpartisipasi pada:
Kamis, 4 April 2019
WeWork, Revenue Tower, SCBD Jakarta
18.00 - 21.00
_
Beberapa pembicara super menarik yang telah kami kurasi untuk turut berbagi: 
1. dr. Andreas Kurniawan (psikiater)
2. @maxmandias (praktisi nutrisi, cofounder @burgreens)
 3. @adjiesantosoputro (praktisi mindfulness)
4. @kuntoajiw (musisi yang aku kagumi)

Tak sabar! ✨
Untuk registrasi online: bit.ly/LingkarHidup1
Kita ngobrol bareng di sana ya? Sampai jumpa!

Loading