Browse Instagram content with Pikram.com

@rarasekar

Rara Sekar

rarasekar

👩🏻‍🌾 Vegetable gardener #rarabenhomegarden 🎼 Musician, sometimes 📝 Researcher, most of the time 📷 Mentor @arkademyproject 📮 [email protected]

Check story of Rara Sekar

Datang lebih cepat dari tanggal gajianmu. @daramudaproject
📷: @anandasurio 
#salamkenal
#daramuda
Gereja Santa Maria de Fatima, Jakarta. 
Santa Maria de Fatima Church, Jakarta.
_
Bagaimana ya caranya supaya kita bisa jadi masyarakat yang inklusif? Bukan yang dikit-dikit merendahkan, menghina dan membenci manusia lain hanya karena pilihan agamanya, ritual yang dirayakannya atau perbedaan apapun yang melekat pada dirinya? Pertanyaan ini memang susah dijawab, dan meski sebenarnya beragam penelitian sudah mencobanya namun entah mengapa tetap sulit adanya untuk mewujudkannya.
_
Untuk mengeksplorasi pertanyaan tersebut, bersama teman-teman yang sering merasa hampa kerja di Jakarta, kami akhirnya mencoba sesekali menyempatkan waktu sedikit buat berkelana. Salah satu tujuannya sih untuk belajar mengalami Indonesia di sekitar kita. Perjalanannya sederhana aja sih dan ga perlu lama-lama juga. Hal ini terinspirasi dari tur keliling Keraton Cirebon beberapa waktu lalu yang dipandu oleh pemandu yang dengan wawasannya yang dalam juga luas, sangat membukakan ruang pengetahuan dan pengalaman baru tentang apa arti menjadi Indonesia. Terutama ketika kita mengintip lebih dalam dari kacamata sejarah Indonesia yang sejatinya berakar pada kebinekaan.
_
Perjalananpun akan terus kami lanjutkan ketika waktu dan uang membolehkan haha, selain untuk meluapkan rasa lelah ke makanan ena, juga untuk menguji salah satu temuan riset @benlaksana. Bahwa mungkin, untuk benar-benar memahami perbedaan, keberagaman harus dialami untuk pada akhirnya bertransformasi menjadi sebuah kesadaran. Bukan hanya toleransi semu yang berdasar pada ketidaktahuan dan ketakutan kita pada hal-hal yang tidak kita mengerti. Mungkin.
Konferensi Meja Potlot. Momen ini menjadi tonggak bersatunya praktisi musik tanah air untuk #BersamaBatalkanRUUPermusikan. Geser ke kiri untuk baca pernyataan berbagai pihak &  @koalisinasionaltolakruup di press release terbaru kami. Setelah perjuangan beberapa minggu ini, kita masih harus tetap kawal keputusan bersama ini sampai ke DPR. Bareng-bareng ya.
BESOK! Kita ngobrol santai yuk lalu bermusik tipis-tipis. ✨
_
Edisi 12
Ngaso Malam Kamis @aksikamisan 
MUSIK DAN AKTIVISME
Lirik, Luka, dan Lupa

Bersama:
Rara Sekar 
Akbar Bagus Sudibyo @sebelahmata_erk 
Karaeng R. Adjie @polkawars 
Baskara Putra @ffeastt 
Rabu 13 Februari 2019
Pukul 19:30 WIB 
@kiosojokeos 
Bona Indah Plaza Blok A2-B11, Karang Tengah Raya, Lebak Bulus
-----------
Ngaso Malam Kamis Edisi 12
Musik dan Aktivisme: Lirik, luka, dan lupa

Sejarah kekerasan di negara ini seringkali terlupa di kesadaran masyarakat, seakan-akan kekerasan dan penindasan yang ada hari ini muncul tiba-tiba. Dalam perjalanannya, musisi memiliki peran untuk merekam sejarah itu, mengabadikannya dalam bentuk lirik dan komposisi lagu, agar ia tetap mengudara di memori kolektif masyarakat dan menjadi ruang refleksi untuk mengambil langkah ke depannya.
_
Namun, bagaimana sebuah lirik dapat menjadi medium dalam mengingatkan atas sebuah peristiwa? Sejauh apa musik dapat menggerakkan jiwa-jiwa untuk sebuah perubahan sosial? Apa yang dibutuhkan oleh musisi dan penikmat musik untuk menerjemahkan kesenian menjadi sebuah gerakan kolektif yang solid? Ruang-ruang apa yang bisa dieksplorasi musik untuk mendorong penuntasan kasus pelanggaran HAM yang berlarut-larut di tengah upaya-upaya pembatasan dan penyensoran massa seperti lahirnya RUU Permusikan belakangan ini? Pertanyaan-pertanyaan pemantik ini akan kita coba urai bersama dan secara terbuka di Ngobrol Malam Kamis, yang akan ditutup dengan penampilan musik tipis-tipis.
----------
NGASO Malam Kamis adalah  diskusi rutin yang diadakan kelompok muda Aksi Kamisan dalam rangka mengembangkan wacana hak asasi manusia dan dukungan penuntasannya. Diskusi terbuka untuk umum.
Bikin video Q&A seputar Luruh, @isyanasarasvati dan hal-hal lain yang sekiranya menarik untuk diobrolin bareng @isyanasarasvati sepertinya seru nih. Tulis pertanyaanmu di bawah ya, yang bagus, kritis, reflektif, yang ga itu-itu aja karena sebenarnya udah terjawab di banyak wawancara di media, atau bikin ngakak, akan kami jawab di videonya. Berikan 🤝
Beberapa hari ini @koalisinasionaltolakruup mencoba menyisir satu per satu pasal yang ada di RUU Permusikan. Hasil diskusi dengan berbagai pihak sudah kami rangkumkan dalam Daftar Inventarisasi Masalah dan bisa dibaca di tolakruupermusikan.com. Dari daftar tersebut, kami mengidentifikasi 50 dari 54 pasal bermasalah! Sebenernya ga mengherankan sih melihat sejak naskah akademik memang sudah tidak layak. Cukup jelas mengapa kami menolak RUU Permusikan dan naskah akademiknya.
_
Kemarin kami menyusun rekomendasi sebagai langkah ke depannya yang kami rasa lebih adil, inklusif dan tidak prematur/instan. Boleh dibaca ya buat teman-teman yang juga peduli dengan #RUUPermusikan atau masih bingung kenapa RUU ini perlu ditolak. Kami sangat terbuka dan ingin mendengar/membaca DIM & rekomendasi versi teman-teman dari beragam latar belakang di Indonesia. Ayo diskusi dengan sehat di @koalisinasionaltolakruup. #tolakruupermusikan #KNTLRUUP
Panjang umur perjuangan. Terus ada dan berlipat ganda 🔥 Kalau kamu juga #TolakRUUPermusikan, sebentar lagi akan ada petisi yang bisa mewadahi suaramu hingga bisa sampai ke DPR. Pantau dan kawal terus ya. #KNTLRUUP
_
Petisi sudah ada. Cek highlights #RUUPermusikan!
Sepatah dua patah 📌 #TolakRUUPermusikan bersama Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan #KNTLRUUP. Kawal terus ya temen-temen!
Beberapa hari lalu, melanjutkan banyaknya pertanyaan saya soal #RUUPermusikan, akhirnya saya dapat akses untuk membaca naskah akademiknya. Membaca naskah akademik ini membuat saya sedih. Selain latar belakang masalah, identifikasi masalah dan kerangka teoretis yang membingungkan, interpretasi naskah ke dalam pasal-pasal yg tidak nyambung, secara keseluruhan naskah ini juga memprihatinkan karena tidak memenuhi kaidah-kaidah akademik. Misal, salah satu sumber untuk teorinya diambil dari makalah siswa yang diunggah di Blogspot? Kacau. Udah gila? Kalau gini modelnya, ga kebayang berapa banyak UU yang lolos dengan basis naskah akademik yang tidak akademik sama sekali?
_
Beberapa hari ini bersama teman-teman musisi dan pelaku musik membentuk Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan. Bersama, kami mencoba menyisir pasal-pasal yang ada di RUU Permusikan ini. Setelah membaca pasal-pasal yang ada, kami melihat RUU ini sebagai upaya membatasi perkembangan musik independen, dan kegiatan-kegiatan musik yang lahir-tumbuh dan hidup di masyarakat, dan mencoba menyeragamkan dan memonopoli perkembangan musik di Indonesia. Kalau memang musik (seperti yang ditulis di naskah akademik) adalah elemen penting dalam pemajuan kebudayaan, maka RUU Permusikan jelas akan mematikan kebudayaan. Apalagi yang dianggap “bersebrangan” dengan “kekuasaan”. #TolakRUUPermusikan #KNTLRUUP
_
Baca pernyataan sikap kami di highlight #RUUPermusikan.
Musisi biasa rilis album, temenku Layur, hari ini rilis 3 album sekaligus 😌 Luar biasa. Selamat ya Pep, akhirnya hari ini meski super deg-degan, dateng juga. Mendengar ketiga album Layur aku seperti menelusuri perjalanan hidup seorang @matisyahdu, yang gelap terang gamang astral, semuanya ada. Dalam segala keterbatasan yang ada, ini sebuah rukiyah-pop yang segar tapi juga sangat dalam. 
_
Seneng banget semesta mempertemukanku denganmu, musisi yang kukagumi sekaligus teman baik yang bisa diajak bermusik-tapi-nunduk bareng, berbagi musik gelap dan mengagumi tiap detil zaman, zaman bareng, ketika motor abis bensin ngegiring motor dengan satu kaki bareng, ditantang jadi petani dalam kegelapan di Imogiri bareng, sampai mengurai strata sosial dunia astral bareng. Sebuah pertemanan yang, kalau kata @benlaksana, ****.
_
Semoga karya-karyamu mendapat apresiasi yang baik ya, supaya kamu bisa buka perkebunan bunga telang, bikin homestay di Bantul, beli kaos selain kaos bfm, beli set noise buat proyek noise kita yg kebal ruu, makan miun tiap malem dan pastinya bikin album versi studio yang sedikit lebih bertanggungjawab. 😌 #tekanan
_
Teman-teman, ketiga album Layur sudah bisa didengarkan di platform digital kesayanganmu. Ambang, Evening Tides, Larung. Boleh didengar ketika sedang senggang ❤️
_
PS. Lagu berjudul Matisyahdu akan menyayatmu.
Malam Kasada, Ngadas, 2017.
Quiet moments with these two 🖤
_
#🐶fuko

Loading